Ketua PHDI Bali Ngurah Sudiana bersama ketua MDA Bali Agung Sukahet usai pertemuan PHDI-MDA
Ketua PHDI Bali Ngurah Sudiana bersama ketua MDA Bali Agung Sukahet usai pertemuan PHDI-MDA

DENPASAR, balipuspanews.com-
Setelah nyepi selama tiga hari batal dilaksanakan, dalam pencegahan penyebaran covid 19 di Bali, PHDI dan MDA sepakat akan menggelar ritual peneduh jagat pada tilem sasih kedasa (22/4/2020) mendatang.

Ketua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana, Rabu (8/4/2020) menyebutkan, dalam lontar Niti Sastra Roga Sanggara Bumi disebutkan, ritual Paneduh Jagat digelar agar gering atau merana tidak merebak.

Setelah upacara peneduh jagat yang dipusatkan di pura Besakih, upacara ngening juga patut dilaksanakan di rumah masing – masing untuk memohon keselamatan, agar terhindar dari covid 19.

“ Saat ngening ini, semua umat diharapkan berdoa bersama. Masyarakat, pemangku, dan sulinggih, agar melakukan doa siang dan malam hari agar penyebaran covid 19 di Bali tidak merebak, tidak memakan korban banyak dan kita terlindungi dari wabah corona,” imbuh Sudiana usai menggelar paruman dengan MDA.

Sudiana yang juga Rektor Universitas Gusti Bagus Sugriwa itu juga mengajak umat untuk mapunia bagi yang mampu, untuk menyumbang baik berupa sanitizer, masker, dan kebutuhan logistik untuk masyarakat yang kurang mampu. Pasalnya banyak masyarakat, akibat covid 19 ini banyak yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan atau dirumahkan dari tempatnya bekerja.

Yang tidak kalah penting, pihaknya juga mendukung langkah-langkah pemerintah baik pusat maupun daerah, untuk mengikuti intruksi dalam penanganan covid 19.(bud/tim/bpn)