Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Singaraja, balipuspanews.com — Kepala SMKN 2 Singaraja, Nyoman Sudimahayasa (45) menjalani ujian promosi doktor di Fakultas Pasca Undsiksha Singaraja, Kamis (24/5) siang kemarin. Ia  merupakan Kepsek SMK pertama di Buleleng yang segera bergelar doktor. Tema yang diangkat dalam desertasinya adalah permasalahan rendahnya serapan tenaga SMK.

Dalam pemaparan hasil penelitiannya di hadapan tujuh penguji profesional di Undiksha, Sudimahayasa yang mengambil program managemen pendidikan ini, menjelaskan sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015 menyebutkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Bali lebih banyak ditunjukkan oleh tamatan SMK, yakni sebanyak 3,11 persen dibandingkan tamatan SMA yang hanya 2,68 persen dari total jumlah lulusan puluhan ribu.

“Dengan angka dan data ini kemudian timbul pertanyaan ini ada apa, salahnya dimana, saya sebagai guru dan kepala sekolah di SMK terpanggil untuk mencari tahu,” ujar dia. Kenyataan itu pun yang membuatnya kemudian melakukan penelitian terkait Pengembangan Keprofesian Berkelalanjutan (PKB) yang berimplikasi pada keterampilan pengelolaan proses pembelajaran di kalangan guru produktif.

Fakta serapan tenaga SMK yang masih sangat rendah menurutnya didominasi oleh knowlagde management, kematangan psikologis dan juga komitmen. Menurutnya tiga faktor tersebut sangat berpengaruh besar dalam pelaksanaan PKB selama ini.

Dari hasil penelitiannya pihaknya pun menawarkan solusi kepada guru produktif dan sekolah yang membidangi untuk segera melakukan inovasidalam pengembangan SDM tanpa menunggu program pemerintah. Sepetri pelaksanaan worshop dan pelaksanaan Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP), baik untuk meningkatkan angka kredit dan inovasi lainnya.

“Ini yang sering diabaikan oleh guru-guru, padahal pemerintah ada program TPG itu sebenarnya digunakan untuk meningkatkan kwalitas,” kata dia.

Sebagai Kepala SMK, ia mengaku termotivasi untuk mengentaskan masalah tersebut. Sehingga kedepannya angka pengangguran pada lulusan SMK dapat menurun. Dengan penelitiannya ini anak ketiga dari empat bersaudara pasangan almarhum Cening Dasi dengan Luh Sukamurni ini berharap dapat memotivasi guru produktif yang ada untuk terus mengasah kemampuan mengajarnya.

Tinggalkan Komentar...