Obyek wisata teluk Gilimanuk
Obyek wisata teluk Gilimanuk

NEGARA, balipuspanews.com – Dengan dimulainya new normal, obyek wisata juga mulai dibuka. Untuk di Jembrana ada tujuh obyek atau destinasi wisata yang dibuka mulai Kamis (9/7).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, I Nengah Alit mengatakan dibukanya destinasi wisata Jemrbana ini pun sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali I Wayan Koster.

Target pasar dari wisatawan Jembrana saat ini masih berskala lokal atau wisatawan domestik saja. Sebab, sesuai Edaran Gubernur bahwa target awal ialah wisatawan domestik. Artinya masih bertahap dalam meraup pengunjung.

“Kami tetap memberikan peringatan atau aturan pengunjung untuk patuh terhadap protokol kesehatan. Jadi tetap harus taat pada protokol kesehatan,” ungkapnya.

Ketujuh destinasi wisata yang dibuka itu yakni obyek wisata teluk Gilimanuk atau Waterbee, Museum Purbakala Gilimanuk Taman Nasional Bali Barat (TNBB) Desa Wisata Blimbingsari Pantai Candi Kusuma, Kecamatan Melaya. Kemudian Pantai Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo dan pantai Yeh Leh Kecamatan Pekutatan.

“Pembukaan memang kami lakukan bertahap. Di awal new normal ini kami buka tujuh destinasi wisata dulu,” ujarnya.

Untuk destinasi wisata alam, yang memang dikelola oleh Desa Adat dipastikan buka. Salah satu yang menjadi daya tarik Jembrana yang dikelola desa adat itu Air Terjun Juwuk Manis dan Bunut Bolong.

“Kami minta protokol kesehatan tetap harus dijaga. Tempat cuci tangan, penggunaan masker juga wajib,” tegasnya.

Sementara itu untuk Tempat Hiburan Malam(THM) seperti kafe dan karaoke hingga kini belum ada kejelasan dari SE Gubernur apakah bisa dibuka atau tidak, pihaknya tetap mengacu pada SE Gubernur. Kalau pun THM akan membuka, maka harus ada verifikasi terlebih dahulu ke pemerintah.

“Hingga saat ini belum ada verifikasi untuk buka,” pungkasnya.

Penulis/Editor : Anom/Oka Suryawan

Facebook Comments