Tulamben Jukung Rice mendapat perhatian dari banyak pengunjung
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Festival Pesona Tulamben, Kubu, Karangasem yang diisi Jukung Race Jumat ( 27/7) 2018, menarik banyak pengunjung yang ingin  melihat dari dekat  aksi 100 nelayan untuk beradu cepat.

Meski pihak panitia sempat khawatir dengan kondisi gelombang laut yang ekstrim beberapa hari belakangan, namun kecemasan mendadak sirna karena cuaca pantai Tulamben dalam kondisi stabil. Terbukti, Tulamben Jukung Race kali ini berjalan sukses.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika mengakui pihaknya sempat sedikit cemas namun alam rupanya berpihak sehingga gelombang menjadi landai bahkan kondisi ombak saat itu sangat mendukung.

“Cuaca mendukung, Lomba berjalan lancar tanpa hambatan,” ujar Astika.

Dalam kegiatan Jukung Race kali ini, setidaknya ada 50 unit Jukung tradisional beserta 100 orang perserta ikut ambil bagian adu strategi mengolah angin dengan layar untuk jadi yang tercepat.

Balapan berlangsung sangat seru, tepuk tangan  penonton melecut peserta untuk berjuang menjadi yang terbaik. Hingga akhirnya setelah melalui pertarungan cukup sengit, I Ketut Budi dari Kelompok Nelayan Mina Bahari keluar sebagai juara pertama. Diposisi kedua diraih oleh Gede Selamat dari Kelompok Nelayan Mina Segara dan juara ketiga diperoleh oleh Ni Nengah Takur dari Kelompok Nelayan Penyimpenan.

Sementara itu, dalam Festival Pesona Tulamben yang akan berlangsung sampai hari Minggu (29/07) mendatang, tidak hanya menyajikan balapan Jukung saja, beberapa acara lain  seperti kuliner khas Karangasem, atraksi seni budaya dan parade budaya yang menampilkan beragam potensi seni dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat juga ikut ditampilkan.

Dikatakan Astika, Festival Pesona Tulamben ini dalam penyelenggaraannya bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tulamben. Dikemas dalam bentuk pesta rakyat yang menampilkan berbagai potensi yang ada di Desa Tulamben dan sekitarnya pestival berlangsung semarak dan membuat pengunjung terhibur. ( igs/bas)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...