One Day Service, Disdukcapil Tabanan Rambah RS. Kasih Ibu dan Klinik Cahya Bunda
sewa motor matic murah dibali

TABANAN, Balipuspanews.com -Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabanan, terus berupaya memberikan pelayanan optimal kepada Masyarakat atau pemohon dokumen kependudukan. Salah satunya melalui kerja sama dengan RS. Kasih Ibu dan Klinik Cahaya Bunda, Tabanan, melalui Program One Day Service. Dengan kerja sama tersebut diharapkan bisa memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi masyarakat pemohon dokumen kependudukan di Tabanan.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan, I Gusti Agung Rai Dwipayana, Rabu, (23/1) di ruang kerjanya. Dirinya mengatakan terkait dengan One Day Service ini, pihak Disdukcapil bukan saja bekerjasama dengan Rumah Sakit Negeri (BRSU Tabanan), melainkan juga dengan RS swasta. Program ini menurutnya merupakan program yang sangat efektif dan efisien.

“Jadi, One Day Service itu sebenarnya sangat efektif dan sangat efisien bagi masyarakat kita yang ada di Tabanan. Karena one day service artinya dalam proses penerbitan Akta kelahiran itu, satu hari selesai. Dengan catatan orang-tua bersangkutan mempunyai Akta Perkawinan dan anaknya sudah memiliki Nama. Lahir langsung kita proses, langsung Akta jadi,  dan masyarakat tidak perlu lagi berurusan ke Disdukcapil, langsung selesai disana,” ungkapnya.

Rai Dwipayana menjelaskan bahwa program One Day service ini sudah juga ditindaklanjuti dengan PKS (Perjanjian Kerjasama) dan berupa MOU dengan RS Kasih Ibu dan Klinik Cahya Bunda Tabanan juga RS Tabanan. Dan informasi mengenai bukti adanya PKS dan MOU tersebut bisa langsung dilihat kebenarannya di Disdukcapil Tabanan.

“MOU tersebut sudah kita laksanakan dengan baik. Dan sampai saat ini tidak ada kendala-kendala yang kita alami,” terangnya.

Pihaknya berharap ke depannya kerja sama ini dapat menjadi pilot project atau percontohan, dan apabilakedepannya berkembang dengan baik, maka program ini akan terus dikembangkan. Apalagi bila melihat target yang telah tercapai di tahun 2018, sebanyak 85% terkait Pecetakan Akta Kelahiran di Tabanan sudah melebihi target Nasional.

“Ke depan akan kita genjot lagi melalui program yang kita miliki, agar nantinya bisa mencapai 95%. Itu adalah target kita kedepannya. Karena ini juga sangat berpengaruh nanti didalam pencetakan KK, KTP, dan lainnya,” harapnya.

One Day Service ini memberikan berbagai keuntungan bagi masyarakat pemohon, diantaranya, mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan dokumen Akta Kelahiran dari Pemkab Tabanan, Data Kartu Keluarga pemohon akan diperbaharui secara otomatis berdasarkan pelaporan kelahiran anak dari yang bersangkutan, dan terwujudnya data base kependudukan yang akurat dan akuntabel, serta dalam proses One Day Service ini tidak dipungut biaya (Gratis).

Pihaknya menambahkan, Disdukcapil juga sudah menerapkan beberapa inovasi, dalam rangka penerbitan dokumen kependudukan dan mendukung GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk), antara lain Pandawa, Paket Serasi 1, 2, 3, 4, sampai Paket Serasi 5.

“Kita sudah terapkan beberapa inovasi, seperti Pandawa, yakni Pelayanan Administrasi  Kependudukkan berbasis WA. Itu kita prioritaskan bagi masyarakat yang jauh, seperti Pupuan dan Baturiti. Itu sudah kita terapkan. Disamping itu kita juga sudah membuat Paket Serasi, yakni Paket Serasi 1,2,3,4, sampai Paket Serasi 5. Jadi, masyarakat yang datang ke Catatan Sipil tidak hanya mengurus satu item saja, seperti KK atau KTP, tetapi dia bisa mengurus KK, KTP, Akta perkawinan dan seterusnya. Jadi, sekali berurusan 2 sampai 5 item atau komponen yang dia dapat,” jelasnya.

Inovasi yang lainnya adalah layanan Dukcapil Pelayanan Online dan Terintegrasi (D’Paon) Serasi, yang merupakan pelayanan online dan terintegrasi yang berbasis IT. Dengan aplikasi ini pelayanan akan menjadi lebih cepat dan efisien. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi tersebut dan dapat menggunakanannya dimana saja.

“Yang terakhir adalah inovasi  DPaon Serasi. Dengan aplikasi ini, masyarakat yang mempunyai Hp android bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut untuk mengurus dokumen kependudukan. Jadi dari rumah dapat melakukan registrasi diri, kemudian ketik NIK dan login, maka akan keluar paket-paket yang sudah tersedia di sistem,” ujarnya, (rls/bpn/min).

Tinggalkan Komentar...