Operasi Berakhir, Pemeriksaan Tetap Ketat

Kapolda Bali Irjen Pol Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si, menyampaikan bagi warga yang masuk Bali harus mememuhi persyaratan seperti saat arus mudik dan tetap akan dilakukan dengan ketat saat memasuki Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Selasa (18/5/2021)
Kapolda Bali Irjen Pol Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si, menyampaikan bagi warga yang masuk Bali harus mememuhi persyaratan seperti saat arus mudik dan tetap akan dilakukan dengan ketat saat memasuki Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Selasa (18/5/2021)

JEMBRANA, balipuspanews.com – Operasi Ketupat Lebaran memang sudah berakhir. Namun pemeriksaan bagi warga yang masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk tetap harus mememuhi persyaratan seperti saat arus mudik dan tetap akan dilakukan dengan ketat.

Penegasan tersebut disampaikan Kapolda Bali Irjen Pol Drs. I Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si, saat memasuki arus balik di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Selasa (18/5/2021).

Di Pelabuhan Gilimanuk, Kapolda yang didampingi Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K., Danyon C Brimob Gilimanuk Kompol I NYoman Rana, S.H., Waka Polres Jembrana Kompol Marzel Doni, S.I.K., M.H., Kabag Ops Polres Jembrana Kompol Drs. I Wayan Sinaryas, S.H., dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Kompol I Gusti Putu Dharmanatha, S.H., M.H. melakukan pengecekan mulai dari Pos 1 atau pintu masuk Pelabuhan, Pos 2 atau pintu keluar Pelabuhan, dan Pos 3 yang berlokasi di Teluk Gilimanuk.

Usai melakukan pengecekan, Kapolda menyampaikan Operasi Ketupat memang sudah berakhir pada Senin (17/5/2021) Namun sesuai instruksi Mabes Polri agar tetap dilakukan pengetatan bagi arus balik atau masyarakat yang masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk.

“Arus balik Lebaran ini menjadi perhatian penuh terutama dari Mabes Polri untuk melakukan pengetatan, dimana setelah Ops Ketupat berakhir dilanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan dan perlibatan personil penjagaan ditambah karena Pelabuhan Gilimanuk menjadi pintu masuk dari Jawa ke Bali,” ungkapnya.

Pada kegiatan rutin yang ditingkatkan ini, pos-pos yang dibuat saat arus mudik masih tetap difungsikan dan personil juga ditambah.

“Arus balik dari Jawa ke Bali mungkin beberapa hari kedepan akan normal kembali. Saat arus mudik memang terjadi penurunan namun saat arus balik kita perkirakan dalam dua tiga hari ini ada peningkatan,” jelasnya.

Masyarakat yang ingin masuk ke Bali harus melengkapi syarat hasil Swab Antigen atau GeNose dari Pelabuhan Ketapang dan di Gilimanuk akan dilakukan pengecekan. Termasuk dilakukan Rapid Test Antigen atau GeNose kembali secara random atau acak.

“Tes random ini bukan sekedar pemeriksaan tetapi kita ada target, paling tidak ada seratus orang dan itu gratis. Jika ada yang positif maka akan kita tindaklajutu sesuai ketentuan,” jelasnya.

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan