Jumat, Juli 26, 2024
BerandaDenpasarOperasi Pasar 21 Titik, Pasokan LPG Jelang Galungan Dipastikan Aman

Operasi Pasar 21 Titik, Pasokan LPG Jelang Galungan Dipastikan Aman

DENPASAR, balipuspanews.com– Menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan yang jatuh pada 2 dan 12 Agustus 2023 mendatang, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) memastikan stok dan pasokan LPG khususnya di wilayah Bali dalam kondisi normal dan aman.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi, Kamis (27/7/2023), mengungkapkan, selain memastikan seluruh kebutuhan terpenuhi, Pertamina juga memastikan operasional berjalan normal. Hal ini didukung dengan penambahan pasokan LPG Subsidi 3 kg untuk menyambut perayaan hari besar keagamaan tersebut.

Dalam mengantisipasi kebutuhan LPG menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan Pertamina telah menyiapkan tabung LPG melalui kegiatan Operasi Pasar yang terukur dengan bekerja sama dengan Pemda setempat.

Kegiatan operasi pasar tersebut dilaksanakan sejak hari Senin, 17 Juli 2023 di 21 titik di seluruh Bali dengan jumlah pasokan tabung yang disiapkan untuk Operasi Pasar tersebut sebanyak rata-rata 200 tabung per hari.

Pertamina juga memberikan tambahan pasokan LPG subsidi 3 kg secara bertahap mulai tanggal 26 Juli sampai 30 Juli 2023 dengan total penambahan sebanyak 368.480 tabung LPG. Adapun konsumsi rata-rata harian untuk produk LPG Subsidi 3kg sebanyak 264.000 tabung.

BACA :  Siswa SD di Karangasem Jatuh ke Lubang Trotoar

“Penambahan tersebut sekitar 139 persen dari rata-rata penyaluran harian LPG 3 kg di wilayah Bali. Semoga masyarakat bisa merayakan hari raya Galungan dan Kuningan dengan tenang tanpa khawatir sulit mendapatkan LPG,” kata Area Manager Communication & Relations Jatimbalinus Ahad Rahedi dalam keterangan resminya, Kamis (27/7/2023).

”Kami menghimbau agar masyarakat membeli LPG langsung di Pangkalan Resmi LPG 3kg. Saat ini pemerintah sedang melaksanakan program subsidi tepat LPG dimana dalam program tersebut Pangkalan LPG 3kg difungsikan sebagai lembaga penyalur tingkat akhir yang melayani konsumen individu secara langsung dan tidak mengutamakan pengecer atau pemborong,” imbau Ahad.

Jelas dia, tujuan operasi pasar agar warga yang berhak terjamin mendapatkan LPG 3kg sesuai dengan harga eceran tertinggi. Karena jika di pengecer tidak ada yang bisa mengontrol penggunaannya untuk konsumen yang ditentukan.

Sesuai dengan KepMen ESDM No. 37.K/ MC.01/MEM.M/2023, konsumsi LPG 3kg diperuntukkan untuk 4 Golongan spesifik yaitu rumah tangga prasejahtera, nelayan sasaran, petani sasaran, dan UMKM.

Salah satu upaya untuk mendukung program subsidi tepat LPG melalui program One Village One Outlet (OVOO), Pertamina menjamin setiap desa di Provinsi Bali memiliki pangkalan minimal 1.

BACA :  Bentuk Rasa Syukur Atas Hasil Panen, Warga Desa Sudaji Gelar Tradisi Ngusabha Pekakak

Dengan rata-rata sebaran pangkalan ada 4 pangkalan di masing-masing desa. Dengan total kurang lebih 3578 pangkalan di seluruh kota/kabupaten di Bali. Untuk mengetahui lokasi pangkalan terdekat masyarakat dapat menghubungi Call Center Pertamina 135.

Selain itu, lanjut Ahad, Pertamina terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk mengantisipasi penyalahgunaan LPG subsidi 3 kg serta mempercepat registrasi atau pendaftaran program subsidi tepat sasaran LPG, sehingga penyalurannya bisa lebih tepat sasaran.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular