Operasi Tulang Paha Nenek Pengerajin di Bangli, Tuntas Dijamin JKN

Salah peserta JKN, Ni Putu Alit,70,
Salah peserta JKN, Ni Putu Alit,70,

BANGLI, balipuspanews.com – Sakit adalah sebuah musibah yang tidak pernah disangka-sangka kapan akan menimpa seseorang. Ni Putu Alit,70, seorang nenek yang berprofesi sebagai pengerajin rumahan di Bangli, menuturkan bahwa ia tidak pernah sakit keras sebelumnya.

Namun malang tak dapat ditolak, pada usianya ke-68, ia terjatuh di rumahnya hingga menyebabkan tulang pada pangkal pahanya patah.

“Saat terjatuh, anak saya langsung melarikan saya ke RSUD Bangli. Karena butuh penanganan khusus, dokter merujuk saya ke RSUP Prof. Ngoerah. Waktu itu saya sempat takut dengan rumah sakit, belum lagi saya pikir biayanya mahal. Akhirnya anak saya memutuskan untuk menempuh pengobatan alternatif,” ungkap Alit, Selasa (22/11/2022).

Padahal saat itu Alit sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), tetapi karena belum mengalami sendiri manfaatnya, ia pun mengaku masih ragu masalah biaya.

Awalnya pengobatan alternatif yang ditempuhnya bisa membuat Alit kembali berjalan dan memulai aktivitas kembali. Namun setelah beberapa hari, ia kembali merasakan sakit pada pangkal pahanya. Alit pun kembali dibawa ke UGD di RSUD Sanjiwani, Gianyar dengan berbekal kartu  JKN.

“Operasi yang akan dilakukan di RSUD Sanjiwani sayangnya gagal karena faktor usia saya membuat jantung saya lemah. Akhirnya saya dirujuk ke RSUP Prof Ngoerah untuk mengobati kelainan pada jantung saya. Setelah lebih dari seminggu dirawat, kondisi jantung saya dinyatakan mulai normal dan saya pun dapat menjalani operasi,” lanjutnya.

Sewaktu ia merasakan pengalaman rawat inap di RSUP Prof Ngoerah, selama itu juga ia merasakan pengalaman pertamanya sebagai pasien yang ditanggungi JKN.

Ia pun takjub karena ternyata program JKN menjamin semua biaya pengobatannya hingga ia menjalani kontrol sebanyak dua kali dan dinyatakan sudah sembuh.

“Sangat bersyukur sekali ternyata JKN yang saya dapat dari Pemerintah Kabupaten Bangli sangat bermanfaat membantu seluruh biaya pengobatan operasi saya hingga sembuh. Saya sekeluarga menyadari jika tidak dibantu JKN maka tentu akan kesulitan membayar biaya berobat,” terang ibu dua anak ini. (adv)

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan