Operasi Yustisi Temukan 31 Pelanggaran Prokes di Karangasem

Tim Yustisi lakukan operasi masker dijalan raya Manggis, Karangasem. Dalam operasi itu, ditemukan 31 warga yang melanggar prokes
Tim Yustisi lakukan operasi masker dijalan raya Manggis, Karangasem. Dalam operasi itu, ditemukan 31 warga yang melanggar prokes

KARANGASEM, balipuspanews.com – Operasi protokol kesehatan (Prokes) yang dilakukan tim gabungan yustisi Karangasem di jalan raya Manggis, Rabu (21/10/2020) menemukan 31 pelanggaran. Dari jumlah tersebut, 26 warga diberikan peringatan lisan dan 5 warga disanksi penundaan pelayanan administrasi.

Dalam sidak tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI, dan Polri itu, warga ditegur karena ada kesalahan memakai masker, seperti masker melorot sampai dagu hingga masker tidak menutup hidung.

“Giat hari ini penegakan hukum prokes di Kecamatan Manggis, pelanggaran perorangan ditemukan sebanyak 31 orang, dibina secara lisan sebanyak 26 orang, sanksi penundaan pelayanan administrasi sebanyak 5 orang sedangkan untuk sanksi denda nihil,” jelas Kasatpol PP Karangasem, I Wayan Sutapa ketika dikonfirmasi balipuspanews.com usai operasi.

Menurut Sutapa, dari 31 warga yang melanggar prokes tidak ada yang dikenakan denda dalam bentuk uang.

“Semuanya memakai masker. Cuma, pemakaiannya tidak dilakukan dengan benar,” sebut Sutapa.

Pemakaian masker adalah salah satu prokes untuk menghindari penularan Covid-19. Penerapan prokes 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan) dinilai paling efektif dalam memutus mata rantai penularan corona.

Operasi tim yustisi dilakukan sebagai tindak lanjut Perbub Karangasem nomor 42 Tahun 2020 dan Pergub Bali Nomor 46 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan upaya penegakan hukum protokol kesehatan.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan