Senin, Juni 17, 2024
BerandaKarangasemOptimalisasi Potensi Olahraga, Bupati Gede Dana Lantik Koordinator Olahraga Kecamatan

Optimalisasi Potensi Olahraga, Bupati Gede Dana Lantik Koordinator Olahraga Kecamatan

KARANGASEM, balipuspanews.com – Pelantikan Koordinator olahraga se-Kecamatan di Kabupaten Karangasem untuk masa bakti 2024-2028 dipusatkan di Ballroom MPP Karangasem, Selasa (21/5/2024).

Acara ini juga diisi dengan penyematan PIN KONI, tanda kehormatan kepada para pengurus oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta, Forkopimda dan undangan lainnya.

Ketua Umum KONI Karangasem, I Gede Suadi menegaskan pentingnya peran koordinator olahraga kecamatan.

“Kami membutuhkan koordinator olahraga kecamatan sebagai perpanjangan tangan KONI. Mereka memiliki hak dipilih dan memilih Ketua Umum pada musyawarah tingkat kabupaten,” ujarnya.

Suadi juga mengungkapkan bahwa potensi olahraga di tiap wilayah sering luput dari pendataan.

“Dengan adanya koordinator kecamatan, potensi olahraga di masing-masing wilayah dapat tergali maksimal, dan informasi KONI dapat tersosialisasi dengan baik hingga ke tingkat desa,” tambahnya.

Ia juga berharap agar koordinator wilayah dilibatkan dalam setiap kegiatan olahraga.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, dalam sambutannya menyambut baik pengurus yang baru dilantik dan menyatakan dukungan penuh terhadap upaya ini.

BACA :  Pemkab Jembrana Gelar Bersih-bersih Lingkungan

“Ini adalah langkah menata kembali organisasi dan menjaga solidaritas serta memantapkan manajemen dan pembinaan olahraga di kecamatan se-Kabupaten Karangasem,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya dasar hukum dalam menata organisasi keolahragaan.

Bupati juga menyoroti peran penting pengurus KONI yang berasal dari tenaga pendidik.

“Karena pengurus KONI kecamatan dari tenaga pendidik, akan lebih mudah melihat potensi yang ada. Sebaiknya tidak membeli atlet saat Porprov, tetapi optimalkan anak-anak kita dan bina mereka dengan maksimal. Walaupun belum juara, berdayakan atlet murni dari daerah kita,” kata Bupati Dana.

Ia juga menambahkan bahwa tugas Koordinator Olahraga Kecamatan ke depan sangat berat mengingat tantangan pembangunan olahraga yang semakin kompleks.

“Koordinator harus mampu berkolaborasi dengan pihak kecamatan dan desa dalam pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan olahraga prestasi. Hindari pola pikir yang hanya berfokus pada masa kepengurusan, tetapi pikirkan kesinambungan masa depan olahraga yang lebih luas,” tegasnya.

Dengan pelantikan ini, diharapkan koordinasi dan komunikasi antara KONI, pemerintah kecamatan, dan desa dapat semakin baik sehingga pembangunan olahraga di Kabupaten Karangasem dapat terus berkembang dan memberikan hasil yang maksimal.

BACA :  DPRD Bali Launching e-Audiensi, Layanan Publik untuk Audiensi dan Demo

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular