Minggu, Juli 21, 2024
BerandaDenpasarOrang Dekat Mantan Bupati AA gede Agung Siap "Tantang" Giri Pasta di...

Orang Dekat Mantan Bupati AA gede Agung Siap “Tantang” Giri Pasta di Pilkada Badung

DENPASAR, balipuspanews.com – I Gusti Nugrah Diatmika, orang dekat mantan bupati Badung, AA Gede Agung resmi dicalonkan Koalisi Rakyat Badung Bangkit (KRBB) yang dimotori Partai Golkar sebagai calon bupati Badung untuk menantang incumbent Giri Prasta – Suiasa yang kemungkinan besar akan direkomendasi PDIP dalam Pilkada Badung, 9 Desember mendatang. Diatmika dipaketkan dengan tokoh Golkar I Wayan Muntra sebagai calon wakil bupati.

Mengkrucutnya pasangan Diatmika – Muntra setelah partai pengusung yang terdiri dari Golkar, Gerindra, Nasdem, dan Demokrat intens melakukan komunikasi politik. Hasilnya parpol koalisi yang tergabung dalam KRBB kompak mendukung pasangan yang berprofesi sebagai notaris itu.

Rabu (5/8/2020) berkas kedua pasangan calon akan dibawa ke DPP Golkar untuk mendapatkan rekomendasi.

Ketua Tim Pilkada Partai Golkar Dewa Made Suamba Negara menyebutkan, bahwa empat daerah diantaranya Jembrana, Bangli, Karangasem, Tabanan sudah mendapatkan rekomendasi dan satu surat tugas. Hanya Badung dan Denpasar yang belum mendapat rekomendasi.

Suamba Negara menegaskan, khusus untuk Badung, KRBB yang dimotori Golkar, setelah melakukan pembahasan dan kesepakatan dengan partai koalisi Nasdem, Demokrat, dan Gerindra, berhasil menyepakati sehingga keluar nama calon tunggal yaitu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati IGN Agung Diatmika dan I Wayan Muntra.

BACA :  Pasca Helikopter Jatuh, Pemprov Ingatkan Perda Larangan Menaikkan Layangan di Sekitar Bandara

“Atas surat yang disampaikan KRBB, kami bersama tim Pilkada diperintahkan untuk merapatkan atas surat yang diajukan KRBB. Setelah menggelar rapat, tim menerima pasangan yang diajukan KRBB,” jelasnya.

Berbekal dari hasil rapat tersebut, akhirnya pimpinan merestui untuk dibawa ke DPP untuk meminta rekomendasi dari pimpinan partai belambang beringin.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPD Partai Golkar Bali I Made Dauh Widjana. Menurutnya, tim Pilkada secara bulat menyetujui calon yang diusulkan oleh KRBB pasangan Diatmika-Muntra untuk diusulkan rekomendasi ke DPP.

“Kemarin kita sudah buatkan surat pengantar untuk diusulkan rekomendasi, sehingga kita tinggal menunggu rekomendasi yang keluar dari DPP,” tegas politikus asal Pejengaji Tegallalang, Gianyar ini.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar Bali I Nyoman Sugawa Korry menegaskan, bahwa usulan yang diajukan KRBB kepada tim Pilkada sudah diproses, kemudian diserahkan ke DPD Bali dan hari ini berkasnya akan dibawa ke DPP Golkar.

Terkait calon yang bakal diusung Golkar dan koalisi, Sugawa menyebut, bahwa pasangan calon juga atas usulan masyarakat Badung yang direpresentasikan oleh tiga tokoh Badung yang pernah menjabat sebagai Bupati Badung sebelumnya.

BACA :  Hindari Warga Meninggal Terdaftar Sebagai Pemilih, KPU Tugaskan PPK dan PPS Kawal Pembuatan Akta Kematian

“Seperti yang kita kenal beliau adalah AA Gde Agung, IGB Alit Putra dan Wayan Subawa sebagai mantan Sekda. Beliau ini adalah mantan-mantan Bupati, dan kami bisa menyebutnya representasi masyarkat Badung,” paparnya.

Berdasarkan dari representasi masyarakat Badung tersebut, pihaknya mengaku lebih antusias mengusung pasangan calon Diatmika-Muntra. Alasan mengusung satu pasang calon yang diusung, lanjut Sugawa, karena partai Golkar tidak cukup untuk mengusung sendiri, sehingga mengharuskan untuk bergabung dalam bentuk koalisi.

Dengan koalisi tiga partai Nasdem, Gerindra dan Demokrat ini sudah bisa mengusung calon. Sehingga calon yang ini harus disepakati oleh tiga-tiganya atau paling tidak dua partai Golkar dengan Nasdem sudah cukup 20 persen.

Kendatipun mengusung calon tunggal, bukan semata mata tanpa dilakukan survei oleh lembaga yang kredibel yang dipilih oleh Golkar untuk mengukur pasangan calon yamg bakal diusung.

“Kalau banyak calon survei dinamakan survei elektabilitas, karena tunggal digunakan survei perbuatan. Dimana survei ini pasangan calon dihadapkan langsung dalam pilkada head to head antara petahana dengan calon kita ini,” imbuhnya.

BACA :  Berantas Tindak Pidana Korupsi, Pemkot Denpasar Bersama KPK RI Gelar Rakor

Tujuan survei ini tentu dengan alasan untuk mengetahui kelemahan dan keunggulan, serta untuk mengetahui keinginan masyarakat Badung sekaligus treatment yang akan dilakukan.

PENULIS : Nengah Budiarta

EDITOR : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular