Sosialisasi ke organisasi Kemasyarakatan oleh Kantor Kesbangpol Propinsi Bali di Klungkung
Sosialisasi ke organisasi Kemasyarakatan oleh Kantor Kesbangpol Propinsi Bali di Klungkung
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Ormas harus berbadan hukum melalui kemenhumkam RI, walaupun melalui 3 orang saja sudah bisa mendirikan ormas. Hal itu disampaikan Kepala Kesbangpol Propinsi Bali Gusti Ngurah Agung Sudarsana saat sosialisasi Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS) saat berbicara sosialisasi Ormas di Ruang Rapat  Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Selasa (17/9/2019).

Kegiatan sosialisasi Ormas ini diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpolimas Kabupaten Klungkung ini dibuka Kabid Keormasan Wayan Sudirasa mewakili mewakili Kepala Kesbangpolinmas Klungkung Wayan Sujana yang berhalangan hadir karena mengikuti kegiatan tatap muka Bupati Suwirta dengan masyarakat Sengguhan di kelurahan Semarapura Kangin. Kegiatan sosialisasi Ormas ini juga dihadiri unsur forum pimpinan Daerah Kabupaten Klungkung.

Sementara itu Kabid ke Ormasan Kesbangpolinmas Klungkung Wayan Sudiarsa menyebutkan kegiatan sosialisasi Ormas ini bertujuan untuk menginformasikan berbagai peraturan perundang undangan dalam organisasi kemasyarakatan serta mensosialisasikan layanan dari kesbangpol klungkung dalam pelayanan administrasi ormas.

Menurutnya Ormas yang terdaftar diharafkan melakukan  pelaporan keberadaan Ormasnya. “Pelaporan kegiatan dan permohonan surat keterangan Ormas terdaftar. Sosialisasi Ormas yang digelar dengan menyasar Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Klungkung baik yang berbadan hukum ataupun yang tak berbadan hukum,” ujar Wayan Sudiarsa memaklumkan.

Informasi  selaku narasumber yang dikemukaan oleh Kepala badan kesbangpol Provinsi Bali Gusti Agung Sudarsana, SH menyatakan peran Ormas dimasa era sekarang ini peran Ormas sangat menentukan keberlangsungan Ormas itu sendiri yang bisa bersinergi dengan Pemerintah. Menurutnya dengan warga berkumpul hanya 3 orang saja, sudah bisa mendirikan ormas dengan  berbagi tugas Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Namun keabsahan ormas tersebut berbadan hukum harus didaftarkan di Kemenhumkam. “Sementara untuk dikabupaten diketahui oleh Kesbangpolinmas,” sebutnya. Terkait adanya perhatian ormas yang peduli dengan Warga miskin menyangkut pembangunan perumahan agar sesuai dengan fakta riil. “Untuk pembangunan rehab rumah jangan sampai yang dipoto kandang sapi jelas ini tidak benar,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Wayan Sudiarsa menambahkan kegiatan sosialisasi Ormas ini yang disiapkan oleh Badan Kesbangpol kab Klungkung bernama Lokasiwa yang merupakan singkatan dari Layanan Organisasi Kemasyarakatan Terintegrasi Whats App. “Ada 4 aplikasi dalam Lokasiwa yaitu Lokasiwa Prada untuk pelaporan keberadaan Ormas, Lokasiwa Rantasan untuk pelaporan kegiatan semesteran Ormas dan Lokasiwa Sukerta untuk permohonan surat keterangan terdaftar dari Ormas itu sendiri,” ungkapnya.

Ditambahkannya Satu aplikasi lagi yaitu Lokasiwa Fiasan merupakan formulir untuk mendukung Lokasiwa Sukerta. Diharapkan dengan kehadiran layanan ini ormas di Kabupaten Klungkung lebih tertib administrasi, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di negeri ini. (Roni/bpn/tim)