Kakanwil Kemenkumham Bali bersama Ombusman Bali, Kepala Rutan Negara dan pimpinan daerah Jembrana meninjau ruang pelayanan kunjungan inovasi baru Rutan Negara

NEGARA,balipuspanews.com- Kondisi Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Negara tidak beda jauh dengan Rutan lain. Rutan yang berlokasi di kelurahan Baler bale Agung, Negara itu juga oreload.

Saat ini Kini di Rutan Negara dihuni 152 orang narapidana yang terdiri dari 142 laki-laki dan 10 orang perempuan. Napi itu terbagi menjadi Napi Narkoba 41 orang, Tipikor 5 orang dan residivis 36 orang.

Sedangkan jumlah tahanan 57 orang dimana 53 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

“Saat ini Rutan negara memang overload. Kapasitas standar di rutan ini hanya 71 orang. Meskipun kapasitas over load namun kami terus berusaha berinovasi dan meningkatkan pelayanan agar bebas pungli dan korupsi,” ujar Kepala Rutan Negara Bambang Hendra Setyawan seusai penandatanganan fakta integritas, Rabu (26/2) sore.

Yang dihadiri juga Ombudman Provinsi Bali, Kakanwil Kemenkumham Bali, serta unsur pimpinan daerah Jembrana.

Menurutnya salah upaya yang dilakukan uakni program percepatan pelayanan integritas sehingga bisa mengusulkan warga binaan segera bebas dan bisa kembali ke tengah masyarakat dengan berbagai penilaian.

Selain itu juga dengan melakukan penertiban loker di dalam ruangan warga binaan sehingga mereka bisa nyaman tidur dan beraktifitas.

” Kami buatkan loker-loker yang bisa ditata lagi dan disesuaikan dengan SOP. Warga binaan kami batasi membawa pakaian,” jelasnya.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Bali Sutrisno dan Ketua Ombudman Bali Umar Ibnu Alkhatab mengingatkan petugas di rutan wajib mengikuti aturan dan memberikan pelayanan maksimal.

“Jangan ada pungli. Jika ada pungli laporkan dan kami akan tindak tegas Masyarakat, media kami harapkan ikut mengawasi,” ujar Sutrisno. (nm/bpn/tim)