Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBadungOverstay, WNA Asal Nigeria Dideportasi dari Bali

Overstay, WNA Asal Nigeria Dideportasi dari Bali

KUTA, balipuspanews.com – Petugas Rumah Detensi Imigrasi Denpasar mendeportasi Warga Negara Asing (WNA) asal Nigeria berinisial CN, pada Sabtu (20/3/2021) malam.

“Ia dideportasi karena telah melanggar pasal 78 ayat (3) UU No. 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian yaitu Overstay,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, Minggu (21/3/2021).

Dijelaskannya, CN datang ke Indonesia sejak 22 September 2018 lalu. Namun karena pelanggaran keimigrasian tersebut, CN ditangkap oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar dan diserahterimakan ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada 8 Januari 2021.

“Hal ini untuk mempermudah proses deportasi,” ungkapnya.

Diungkapkannya lebih lanjut, proses deportasi ini dilaksanakan melalui Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Berhubung Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai masih ditutup dikarenakan pandemi Covid-19.

“Selain dideportasi, warga Nigeria itu juga dimasukan ke dalam daftar cekal dan tangkal pada Direktorat Jenderal Imigrasi,” tegas Jamaruli.

Sementara itu, proses deportasi CN dikawal oleh 2 orang petugas Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.

Selanjutnya, deportasi menggunakan Maskapai Citilink QG 681 pada Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK). Dilanjutkan menggunakan pesawat Ethiopian Airlines ET 629 dan ET 901 rute Jakarta (CGK)-Addis Ababa (ADD)-Lagos (LOS). Dengan waktu Boarding pada pesawat ET 629 yaitu pukul 16.10 WIB, melalui Gate A2.

BACA :  Pemkab Jembrana Siap Bentuk BNNK

Penulis : Kontributor Denpasar

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular