Pagi Buta Bupati Sumatri Pungut Sampah di Pura Dalem Puri, Desa Adat Didesak Buat “Perarem”

1130
Bupati Sumatri responsif dan berikan contoh pungut sampah
Bupati Sumatri responsif dan berikan contoh pungut sampah

RENDANG, balipuspanews.com – Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri responsif terhadap masalah sampah,  hal ini dibuktikan turun langsung memungut sampah di Pura Dalem Puri sekaligus memantau keberadaan sampah yang membludak  di Desa Bugbug, Karangasem.

” Saya merasa terpanggil akan membludaknya sampah yang diunggah di medsos, malam itu juga (Kamis malam(10/12) kami melakukan rapat, selesai rapat besoknya sudah saya lihat bersih, ini merupakan reward bagi masyarakat yang melakukan pembersihan, saya mewakili Pemerintah Kabupaten Karangasem mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya, ketekunannya, kerja kerasnya dan saya berharap ini tidak hangat hangat tahi ayam, ” kata Bupati pertama wanita ujung Timur pulau  Bali ini mengingatkan usai melakukan pungut sampah plastik di Pura Dalem Puri, Besakih, Karangasem, Minggu.

Lebih jauh, turunnya dalam pembersihan sampah ini merupakan contoh kepada masyarakat.

Kedepannya, jelas Sumatri pihaknya meminta kepada para Desa se Kabupaten Karangasem membuat perarem atau aturan agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Perarem, Awig dan Perdes itu yang kami harapkan dibuat oleh Desa Adat dan Desa Dinas, ” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati mengingatkan kepada masyarakat Hindu yang datang melakukan persembahyangan agar membawa kembali sampah -sampah yang tidak bermanfaat usai melakukan persembahyangan.

“Hari ini kami dari pemerintah Karangasem akan membuat surat edaran agar masyarakat ke Pura membawa kembali sampah yang tidak bermanfaat, ” jelasnya.

Usai acara pungut sampah di Besakih, Sumatri juga mengatakan akan turun di Deda BugBug, Karangasem.

“Bugbug juga masih kumuh, untuk itu pemerintah mesti memberikan solusi atas kesulitan yang dihadapi masyarakat, ” jelasnya.

Pihaknya berharap masalah sampah di Pura Kahyangan Jagat juga menjadi perhatian sepenuhnya dari pemerintah Provinsi Bali.

Seperti diketahui khusus di Kecamatan Rendang,  Bupati Sumatri juga terus mensupport warganya untuk mengatasi sampah di wilayahnya.

Bahkan,  Bupati juga terus hadir ditengah masyarakat dalam pembersihan sampah seperti yang telah dilakukan di Desa Pesaban, Rendang, Karangasem dalam acara mekedas kedas media online balipuspanews. com (art/bpn/tim)

Loading...