Lereng gunung agung
Lereng gunung agung

KARANGASEM, balipuspanews.com – Warga Karangasem khususnya diseputaran lereng Gunung Agung pagi ini dikejutkan dua kali guncangan gempa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Getaran gempa yang terjadi pagi ini berkekuatan 3,7 SR pada pukul 04:39:03 WIB dan 3,8 SR pada pukul 04:41:53 WIB.

sewa motor matic murah dibali

Getaran dirasakan disejumlah wilayah lereng Gunung Agung seperti di Desa Sebun Sebudi, Desa Pempatan, Desa Besakih, wilayah Bebamdem bagin atas dan wilayah Tianyar dan Desa Ban, Kubu, Karangasem.

“Ya tadi gempa dirasakan dua kali, yang pertama dirasakan cukup keras,” kata Putu Dana salah seorang warga Desa Sebun ketika dikonfirmasi.

Sementara itu dikutip dari rilis BMKG, gempa yang terjadi pada Rabu, 12 Juni 2019 ini merupakan gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 8,18 LS dan 115,54 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 km timur laut Karangasem, dikedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. (suar/bpn/tim)