Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNewsPolitikPAN, PPP dan PBB tak Daftarkan Caleg di Gianyar

PAN, PPP dan PBB tak Daftarkan Caleg di Gianyar

Gianyar, balipuspanews. com-Tiga Partai tidak mendaftarkan calegnya ke KPU Gianyar hingga batas akhir pendaftaran bakal calon legislatif (Caleg), Selasa (17/7) hingga pukul 24.00 Wita,dari 16 partai peserta Pemilu.

Tiga parpol yang tidak mendaftarkan calegnya ke KPU Gianyar masing-masing Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara dua partai yang mendaftar tengah malam atau menjelang ditutup yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mendaftar ke KPU Gianyar pukul 22.47 Wita dan terakhir yang mendaftar pukul 23.39 Wita yakni Partai Berkarya.

“Kita tunggu hingga batas akhir pukul 24.00 Wita, tiga partai yakni PAN, PPP dan PBB tidak mendaftarkan calegnya ke KPU Gianyar,”ujar Ketua KPU Gianyar, AA. Gde Putra ditemui dikantor, Rabu (18/7).

Dikatakan, sebelumnya KPU Gianyar sudah melakukan sosialisasi kepada semua partai peserta pemilu yang di Kabupaten Gianyar bahwa pendaftaran bakal calon dimulai tanggal 4 Juli mulai pukul 08.00 Wita dan dittutup pukul 16.00 Wita  dan ditutup Selasa (17/7) pukul 24.00 Wita.

Disinggung kenapa 3 partai tidak mendaftarkan calegnya ke KPU Gianyar?Ketua KPU Gianyar mengaku pihaknya tidak masuk rana untuk mencari tahu kenapa 3 partai itu tidak mendaftarkan calegnya ke KPU Gianyar.

Dia mempertegas bahwa KPU Gianyar sudah melakukan sosialisasi sebelumnya.

”Berdasarkan Peraturan KPU, kami tidak memberikan toleransi lagi kepada partai yang tidak mendaftarkan calegnya ke KPU Gianyar melewati batas yang telah ditentukan,”tegas AA. Gde Putra.

Ketua KPU Gianyar mempertegas bahwa pihaknya tidak memberikan toleransi terhadap partai yang tidak mendaftarkan calonnya ke KPU. Hal ini mengacu kepada Peraturan KPU.

Kini KPU sedang melakukan verifikasi terhadap berkas-berkas calon yang disetorkan Partai. KPU akan mendata  berkas-berkas kelengkapan bakal calon. Bagi berkas yang kurang agar dilengkapi oleh partai.

”Setelah dilakukan verifikasi, untuk selanjutnya 20 Juli, KPU memanggil semua pengurus partai ke KPU untuk melangkapi apabiala ada berkas yang kurang,”jelas Ketua KPU Gianyar.

Berikut Partai yang mendaftar ke KPU Gianyar, Senin (16/7) masing-masing  Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Nasional Demokrasi (Nas Dem) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pada Selasa (17/7) masing-masing Partai Demokrat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Garuda, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mendaftar ke KPU Gianyar pukul 22.47 Wita dan terakhir yang mendaftar pukul 23.39 Wita yakni Partai Berkarya.(art/bpn/tim)

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular