PAN Tunjuk Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR RI

Anggota MPR/DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) Yandri Susanto. (Foto: balipuspanews.com)
Anggota MPR/DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) Yandri Susanto. (Foto: balipuspanews.com)

JAKARTA, balipuspanews.com – Partai Amanat Nasional (PAN) telah menetapkan Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggantikan Zulkifli Hasan (Zulhas).

Penunjukkan Yandri Susanto sebagai pimpinan MPR RI menyusul pengangkatan Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai Menteri Perdagangan RI pada reshuffle kabinet beberapa waktu lalu.

“Saya barusan telepon dengan Ketua MPR, Pak Bambang Soesatyo. Suratnya (pengajuan menjadi Wakil Ketua MPR RI-red) sudah masuk, dan sekarang sedang diproses untuk persiapan pelantikan. InsyaAllah, informasi terakhir yang saya terima dari MPR, pelantikan hari Kamis tanggal 30 (Juni) jam 1 siang,” ungkap Yandri Sosanto di lobi Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga :  Krisis Berlarut Beri Peluang Partai Baru Lolos ke Senayan

Yandri mengaku siap bekerja sama dengan sembilan pimpinan MPR lainnya. Diakuinya, di sisa periode MPR RI ini, tugas pimpinan MPR RI makin berat karena telah memasuki tahun politik menjelang Pemilu 2024.

MPR sebagai rumah besar pengayom rakyat, menurutnya harus mampu menjadi wadah bagi semua kelompok dan golongan. Ia berharap ke depan tidak ada lagi pembelahan, saling fitnah satu sama lain, saling menjatuhkan, termasuk provokasi hoaks yang tidak produktif.

“Maka energi-energi negatif seperti itu sudah saatnya di Pemilu 2024 kita hentikan, dan kita menuju suatu kontestasi yang sehat, kontestasi yang membanggakan kita semua, yang menggembirakan,” imbaunya.

Yandri yang saat ini masih duduk sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI menambahkan untuk kursi Ketua Komisi VIII yang akan ditinggalkannya sesuai dengan asas proporsional maka akan diisi oleh Anggota DPR dari Fraksi PAN.

Baca Juga :  Ratusan Atlet dari 14 Provinsi di Indonesia Ramaikan Kejuaraan Fin Swimming Antar Pelajar Klungkung Bali Open 2022

Tentang siapa penggantinya sebagai Ketua Komisi VIII DPR, ia sedikit memberikan bocoran.

“Inisialnya insyaAllah dari kawasan timur. Lumayan senior,” ujarnya.

Untuk saat ini, menurut Yandri, kemungkinan ia masih akan tetap duduk sebagai Ketua Komisi VIII hingga pimpinan DPR RI menetapkan Ketua Komisi VIII yang baru, usai masa persidangan DPR ini berakhir.

Ia memastikan sebelum Pidato Kenegaraan Presiden RI yang diselenggarakan tiap tanggal 16 Agustus, posisi Ketua Komisi VIII DPR yang baru sudah dilaksanakan.

“Jadi mungkin pergantian Ketua Komisi VIII itu setelah masa sidang ini. Setelah reses masuk persidangan baru. InsyaAllah sebelum Pidato Kenegaraan (Presiden RI), Ketua Komisi VIII sudah ditetapkan,” tegasnya.

Baca Juga :  Pelatihan Tim Gabungan Selamatkan Korban Terseret Arus

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan