Wabup Suiasa mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2020 secara daring yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Senin (1/6)
Wabup Suiasa mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2020 secara daring yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Senin (1/6)

BADUNG, balipuspanews.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2020 secara daring yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Senin (1/6).

Dalam upacara tersebut BPIP juga mengundang pejabat kementerian/lembaga lainnya secara terbatas. Termasuk para Bupati, Walikota dan perwakilan NKRI di luar negeri mengikutinya melalui media, televisi atau dapat melalui layanan yang disediakan BPIP, Youtube BPIP, Instagram BPIP dan lainnya.

Upacara dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta Pejabat Tinggi Negara lainnya yang sekaligus terlibat sebagai petugas upacara diantaranya selaku pembaca teks Pancasila Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang membacakan doa.

Kemudian, hadir pula Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi serta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam upacara tersebut, Presiden menyampaikan amanat mengenai pentingnya untuk menujukan nilai-nilai Pancasila di tengah masa pandemi.

“Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat,” kata Jokowi, Senin (1/6).

Presiden juga mengajak seluruh penyelenggara negara untuk meneguhkan keberpihakan kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan. Hal ini harus dilakukan tanpa membedakan kelompok, ras, suku dan agama.

“Kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotong-royongan kita untuk meringankan beban seluruh negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi,” tutur Jokowi.

Sedangkan Wabup Suiasa seusai mengikuti upacara secara online mengatakan pada masa pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan niat dan semangat untuk memperingati hari lahir Pancasila secara virtual.

“Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan berkerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang terus bergelora dalam semangat Rakyat Indonesia,” kata Suiasa.

Suiasa kemudian menyampaikan rasa syukurnya karena ujian pada momen ini bisa dilalui.

“Pancasila tetap menjadi panduan Bangsa Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Badung dalam menghadapi masa sulit ini,” pungkasnya.

Penulis/Editor : Cita/Artayasa