Pandemi Covid-19, Penggiat Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Nusa Penida

Tampak penggiat terumbu karang tetap aktif merawat dan memelihara terumbu karang yang ada di Nusa Penida
Tampak penggiat terumbu karang tetap aktif merawat dan memelihara terumbu karang yang ada di Nusa Penida

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Ditengah pandemi Covid-19, penggiat terumbu karang tetap aktif merawat dan memelihara terumbu karang yang ada di Nusa Penida khususnya di Desa Ped. Mengingat terumbu karang adalah objek vital bagi Nusa Penida.

Salah seorang penggiat terumbu karang, I Nyoman Karyawan ketika dikonfirmasi, Selasa (25/5/2021) menyatakan, meski pariwisata istirahat, tetap melakukan kegiatan pemeliharaan terumbu karang.

“Kita tetap melakukan kegiatan pemeliharaan terumbu karang, Transplantasi karang dilakukan secara berkala setiap tahunnya, sekarang mulai ada hasilnya. Mengingat terumbu karang adalah objek vital bagi Nusa Penida,” ujar Karyawan.

Ia berpendapat terumbu karang saat ini dalam kondisi sehat, rata-rata tingkat keberhasilan penanaman 95%. Trasnplantasi atau penanaman dilakukan di Daerah Ped lebih tepatnya di SD Point.

Baca Juga :  Operasi Zebra Agung 2022 di Klungkung, Pelanggar Hanya Diberikan Teguran

Luas lahan yang ditanam sekitar 20 are, sementara kara terbaru yang ditanam sebanyak 6.000 bibit karang pada bulan Februari lalu, dihitung setiap bulan rata-rata 100 bibit karang baru yang ditanam. Dengan berbagai metode dan media.

Penggiat terumbu karang Nuansa Pulau melakukan kerja sama dengan Coral Triangle Center, Ocean Gardener, Dinas Kelautan dan Perikanan Bali, Pemerintah Desa Ped dan Pemda Klungkung.

Ia mengaku peran masyarakat dan juga pemerintah juga ambil bagian membina dan memfasilitasi kegiatan ini masih perlu ditingkatkan.

“Mengingat terumbu jarang menjadi tujuan wisata, kita berharap semua masyarakat ikut peduli. Kegiatan transplantasi karang sudah dilakukan dari 5 tahun yg lalu, dan efektif  kelompok terbentuk tgl 24 Juni 2020 dengan jumlah anggota 24 orang,” Pungkasnya.

Baca Juga :  Lebihi Target, Gianyar Raih 4 Emas di Cabor Muaythai

Penulis : Roni

Editor : Budiarta