Pangdam IX Udayana yang Baru Mayjend TNI Sonny Aprianto

Acara pisah sambut Pangdam yang berlangsung di makodam IX Udayana, pada Rabu (2/2/2022)
Acara pisah sambut Pangdam yang berlangsung di makodam IX Udayana, pada Rabu (2/2/2022)

DENPASAR, balipuspanews.com – Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Sonny Aprianto resmi menjabat Pangdam IX Udayana yang baru menggantikan Mayjend TNI Maruli Simanjuntak yang kini bergeser menjabat Pangkostrad.

Acara pisah sambut Pangdam ini berlangsung di makodam IX Udayana, pada Rabu (2/2/2022). Kedatangan Pangdam Sonny di makodam IX Udayana berlangsung sekitar pukul 09.00 WITA. Ia langsung disambut pasukan jajaran kehormatan dan tarian Hanoman.

Jenderal lulusan Akademi Militer (Akmil) 1990 ini menegaskan, dirinya sudah menerima tongkat estafet kepemimpinan dari Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat Pangkostrad, pada Senin (31/1/2022).

“Saya berterimakasih kepada pak Maruli beserta istri yang telah membawa Kodam ini menjadi yang terkenal, saya menerima satuan ini dalam kondisi yang baik,” tegas Mayjend Sonny dalam kata sambutannya yang juga dihadiri Mayjend Maruli dan istri.

Baca Juga :  Jaga Kamtibmas di Wilayah Terkecil, Ratusan Personil Polres Karangasem Menjadi Polisi Banjar

Ia menegaskan akan terus berkomitmen melanjutkan program-progam dari Pangdam sebelumnya (Mayjend Maruli) dan pembinaan teritorial. Diketahui, program yang dimaksud adalah pompa hidram baik di Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai wilayah teritorial Kodam IX/Udayana.

Program itu sejatinya untuk membantu masyarakat yang daerahnya kesulitan air bersih dan pertanian masyarakat setempat, hingga Mayjend Maruli dijuluki sebagai “Bapak Air”.

“Saya tahu apa yang telah beliau lakukan, gersangnya tanah Nusa Tenggara bisa dibuat berair, itu tugas berat tapi beliau tetap mensupport meskipun menjadi Pangkostrad, dan saya akan melanjutkannya,” ungkapnya.

Mayjend Sonny yang pernah menjabat Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN ini mengaku masih perlu belajar menjadi Pangdam dan memerlukan bimbingan dari pejabat sebelumnya.

Baca Juga :  Kapolres Ajak Masyarakat Waspadai Penipuan Online

“Saya sangat bangga bertugas di Kodam IX/Udayana dengan tanggung jawab memimpin tiga wilayah (Bali, NTB dan NTT). Prajurit Praja Raksaka Udayana sangat luar biasa dalam bertugas dengan pengabdian serta dedikasi yang tinggi untuk mengharumkan Kodam IX/Udayana, Terimakasih atas segalanya dan mohon dimaafkan apabila ada kata-kata maupun perbuatan dan kekurangan saya dan keluarga selama bertugas,” bebernya.

Diinformasikan, Mayjend Sonny selama ini lebih banyak berkiprah di bidang Intelejen. Mulai dari menjabat Komandan Pusat Intelijen Angkatan Darat (Danpusintelad) tahun 2018-2019.

Kemudian Staf Ahli Bidang Pertahanan dan Keamanan Badan Intelijen Negara (BIN) Maret 2021, dan terakhir di Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN. Ia juga sempat mengisi posisi Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis pada tahun 2009-2011, Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wira Bima tahun 2018.

Baca Juga :  Pilkel Serentak, Panitia Akui Sudah Petakan Potensi Polemik atau Permasalahan Agar Tetap Kondusif

Suami dari Dini Triandari itu bukanlah orang baru di tubuh Kodam IX/Udayana. Mayjend Sonny sempat menjabat Dandeninteldam IX/Udayana pada tahun 2007 dan menjabat Danyonif 315/Garuda Siliwangi (2007-2009).

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan