NEGARA, balipuspanews.com- Untuk mengecek kesiapan penyebrangan di selat Bali menyambut new normal, kesiapan pelabuhan Gilimanuk Kamis (9/7) sore dipantau Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara. Kedatangan Pangdam diterima Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok, Bupati Jembrana, I Putu Artha dan Forkominda serta jajaran ASDP.

Disela-sela pemantauan Pangdam mendapat penjelasan dari ASDP kalau di masa covid 19 jumlah pengguna jasa penyebrangan menurun lebih dari 50 persen dibanding sebelum wabah corona terjadi. Setelah new normal kemungkinan jumlah pengguna jasa penyebrangan akan meningkat seperti sebelum masa covid. Sedangkan untuk rapid tes mandiri yang dilaksanakan ASDP bersama Kimia Farma di Gilimanuj dilayani di dua tempat yakni di pelabuhan Gilimanuk dan di Jembatan Timbang, Cekik.

Menanggapi penyampaian itu Pangdam mengatakan, Ilonjakan penguna jasa yang kemungkinan terjadi adalah masalah baru. “Kalau dulu penumpukan terjadi di loket tiket, sekarang akan terjadi di tempat rapid tes.Semua harus kompak tidak ada yang jalan sendiri -sendiri,”ujarnya.

Pangdan juga meminta Kodim dan jajaran TNI di Jembrana untuk terus membangu gugus tugas dan ASDP terutama untuk memgatur dan menjaga tempat-tempat pelayanan rapid tes.

“Bantu yang dilapangan teritama di tempat rapid tes. Pelabuhan sebagai pintu gerbang harus aman,” tegasnya.

Antisipasi jikka sudah mulai dibuka saat new normal sangat penting mengingat kemungkinan akan terjadi lonjakan pengguna jasa penyebrangan. “Jadi yang perlu diantisipasi adalah penumpukan di tempat rapid tes,”ujarnya.

Daya tampung tempat rapid tes dan petugas kesehatan juga harus diperhatikan, sehingga jika terjadi lonjakan pengguna jasa penyenrangan, pelayanan bisa cepat dan maksimal. Merrka yang mengantre rapid tes juga harus tetap merapkan protokol kesehatan seperti menjaga jatak dan menggunakan masker.

“Jika pengguna jasa mau rapid tes mandiri di Puskesmas atau di tempat pelayanan di daerahnya sebelum menyebrang akan lebih bagus, namun kemungkinan akan banyak yang rapid tes di pelabuhani,” ungkapnya.

 

Facebook Comments