15/08/2020, 1:33 AM
Beranda Bali Denpasar Panglima Kodam IX Udayana Lepas 450 Prajurit Yonif Raider 900/SBW ke Provinsi...

Panglima Kodam IX Udayana Lepas 450 Prajurit Yonif Raider 900/SBW ke Provinsi Papua

DENPASAR, balipuspanews.com-Sebanyak 450 prajurit Yonif Raider 900/SBW dilepas tugas ke Provinsi Papua, pada Jumat (29/5/2020). Pelepasan ratusan prajurit dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

Ratusan prajurit berbaju loreng ini diberangkatkan menggunakan kapal KRI Banda Aceh-593. Upacara pelepasan berlangsung di Pelabuhan Benoa, dihadiri sejumlah pejabat Kodam IX/Udayana.

Disela-sela pelepasan, Pangdam IX Udayana menegaskan, sebanyak 450 prajurit Yonif Raider 900/SBW ditugaskan untuk melaksanakan Operasi Pamtas di kewilayah Papua.

Penugasan ini menurut Pangdam sebuah kehormatan dan kepercayaan yang diberikan negara kepada satuan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama. Untuk itu, Pangdam meminta kepada ratusan prajurit supaya melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Diungkapkan Pangdam, setelah upacara pengantaran ini akan dilaksanakan pergeseran pasukan (serpas) menuju daerah penugasan. Ia pun berpesan agar laksanakan serpas dengan tertib, taati peraturan yang berlaku dan utamakan faktor keamanan selama dalam perjalanan dan setibanya di pos masing-masing.

“Setiba di Papua, laksanakan serah terima dengan benar dan tanyakan apabila ada hal-hal yang belum dimengerti. Utamanya yang berkaitan dengan tugas pokok, baik kepada Komandan Pos lama maupun anggotanya. Sehingga dalam melaksanakan tugas dapat berjalan dengan lancar dan aman,” pesan Mayjend Benny.

Menurutnya, 450 prajurit itu akan melaksanakan tugas di provinsi paling timur di Indonesia selama 9 bulan. Agar bisa menjalankan tugas dengan baik para prajurit diharapkan untuk mempelajari karakteristik medan, budaya, adat istiadat serta situasi dan kondisi daerah setempat.

“Tujuannya agar bila terjadi sesuatu permasalahan yang tidak diinginkan dapat segera mengambil tindakan yang tidak bertentangan dengan HAM maupun adat istiadat dan norma yang berlaku di sana. Para prajurit juga harus berpegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI,” tuturnya.

Kontributor Denpasar.

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Kuasa Hukum Jerinx SID Ajukan Penangguhan Penahanan

DENPASAR, balipuspanews.com - Kuasa hukum Wayan Gendo Suardana SH, Jumat (14/8/2020) siang, mendatangi penyidik Ditreskrimsus Polda Bali untuk menyerahkan surat penangguhan penahanan terhadap Jerinx...