Panglima TNI Hadiri Tactical Floor Game Ajang Presidensi G-20

Tactical Floor Game (TFG) yang berlangsung di Aula Prajaraksaka, Kepaon, Denpasar, pada Jumat (30/9/2022), dihadiri langsung Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil sebagai Kepala Operasi PAM VVIP
Tactical Floor Game (TFG) yang berlangsung di Aula Prajaraksaka, Kepaon, Denpasar, pada Jumat (30/9/2022), dihadiri langsung Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil sebagai Kepala Operasi PAM VVIP

NUSA DUA, balipuspanews.com – Tactical Floor Game (TFG) yang berlangsung di Aula Prajaraksaka, Kepaon, Denpasar, pada Jumat (30/9/2022), dihadiri langsung Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil sebagai Kepala Operasi PAM VVIP.

Kegiatan TFG ini juga dihadiri Dankor Brimob Komjen. Pol. Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H.,M.Si., dan para Komandan Sub Satgas dari masing-masing satuan serta dari BPBD, BMKG, PVMBG, PLN, Basarnas dan BSSN.

Perlu diketahui, TFG bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan G20. TFG juga dapat digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Satgas mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan dan mendukung berjalannya kegiatan G20.

Baca Juga :  Hingga Bulan November, Bandara Ngurah Rai Telah Layani 10 juta Lebih Penumpang

Dalam sambutannya, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil menyebutkan bahwa TFG akan kembali diselenggarakan pada H-5 sebelum KTT G-20.

Event ini akan dihadiri oleh Menko Marves selaku penanggung jawab dalam event KTT-G20. Sehingga Panglima TNI mengharapkan pada TFG yang pertama ini merupakan langkah awal mengetahui posisi dan tugas pada saat KTT G20.

Dijelaskannya, pada Tactical Floor Game yang pertama ini bertujuan untuk perencanaan awal tentang pelaksanaan pengamanan baik Ring 1, 2 dan 3, yang mungkin pada pelaksanaannya akan bergerak dinamis.

“Namun sekiranya dengan perencanaan awal ini maka pelaksanaannya pun tidak akan jauh berubah walaupun pada saat event KTT G-20 situasinya akan dinamis,” pungkas Panglima TNI.

Baca Juga :  Airlangga Gaungkan Politik untuk Kesejahteraan serta Lawan Politik Uang, Benahi 4 Faktor Ini

Keterangan terpisah, Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putera mengatakan bahwa kegiatan TFG sangatlah penting dilakukan guna memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka mengamankan KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada Bulan November mendatang.

“Hal ini merupakan tahapan dengan prosedur dan mekanisme yang harus dilakukan dalam menjalankan latihan secara bertingkat dan berlanjut dari tahapan sebelumnya,” ujarnya.

“Oleh sebab itu, Kapolda berharap pada kegiatan ini bisa menemukan hal-hal yang selama ini belum diprediksi. Sehingga dapat mengantisipasinya dan lebih matang dalam menghadapi kegiatan TFG tingkat selanjutnya,” ujar Irjen Putu Jayan.

Sementara itu, kegiatan TFG dilanjutkan dengan pemaparan tugas alutsista dan personil di masing-masing satgas kepada Panglima TNI yang akan bertugas pada Ring 1, 2, dan 3 di event KTT G-20 November mendatang.

Baca Juga :  Curi Miras, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Diantaranya Ada Masih Dibawah Umur

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan