Kamis, April 18, 2024
BerandaNasionalJakartaPanitia Dharma Santi Nasional 2023 Matur Piuning di Pura Penataran Agung TMII

Panitia Dharma Santi Nasional 2023 Matur Piuning di Pura Penataran Agung TMII

JAKARTA, balipuspanews.com – Agama Hindu memiliki banyak sekali tradisi yang sepatutnya dilakukan oleh umat Hindu yang meyakininya.

Salah satu tradisi dalam agama Hindu adalah matur piuning yang dilaksanakan ditempat suci seperti Pura, Candi dan lainnya.

Matur piuning, dilaksanakan sebagai suatu upacara memohon restu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) dan Para Batara atau leluhur agar diberi keselamatan, kesuksesan dan kemudahan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan matur piuning dalam masyarakat Hindu, khususnya bagi Panitia Dharma Santi Nasional 2023 merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan. Karena dipercaya bahwa jika hal tersebut tidak dilaksanakan, akan terjadi musibah yang tidak diinginkan.

Untuk itu wajib hukumnya untuk melaksanakan matur piuning meminta restu dan bimbingan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana. Dan mampu memberikan dampak baik untuk seluruh umat Hindu Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Dharma Santi Nasional 2023 Laksamana Pertama (TNI) IGP Alit Jaya, dilaksanakannya matur piuning ini adalah agar kegiatan yang akan dilaksanakan mendapatkan, kelancaran, keselamatan dan kesuksesan.

BACA :  Warga Tukadmungga Keluhkan Dua Akses Jalan Menuju Pantai Tak Kunjung Diperbaiki

Untuk itu, kita harus menghadap dan memberitahukan (matur piuning) kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa bahwa kita akan melaksanalan kegiatan, papar beliau usai melakukan upacara Matur Piuning di Pura Penataran Agung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sabtu, 25 Maret 2023.

“Matur piuning juga bermakna sebagai simbol akan dimulainya suatu acara, sebab dilaksanakan sebelum acara atau kegiatan dilaksanakan,” ujarnya.

Kegiatan matur piuning Panitia Dharma Santi Nasional 2023 ini dihadiri oleh puluhan jajaran kepanitiaan himhha dean penasehat. Hal tersebut dikarenakan, matur piuning merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan.

Karena kita  percaya bahwa jika hal tersebut tidak dilaksanakan, maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk itu wajib hukumnya untuk melaksanakan matur piuning meminta restu dan bimbingan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular