Pantai Goa Lawah Klungkung ditata dengan apik oleh Pemkab Klungkung dan diharapkan menjadi destinasi wisdom dan wisman
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura, balipuspanews.com- Pemkab Klungkung memberikan perhatian serius terhadap Pantai Goa Lawah untuk menjadi destinasi wisatawan domestik dan wisatawan asing. Untuk mewujudkan hal itu, Pemkab Klungkung mengelontorkan anggaran Rp 1,3 miliar yang bersumber dari APBD Klungkung 2018 untuk menata obyek yang terletak diperbatasan Klungkung dan Karangasem tersebut.

Kamis ( 12/7) 2018 bertepatan dengan Tilem Sasih Kasa, dinas pariwisata ( Dispar) Klungkung melangsungkan prosesi melaspas dan penyerahan pengelolaan kepada desa adat Pesinggahan.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Drs Nengah Sukasta menyatakan, kendati baru dipelaspas obyek wisata pantai Goa Lawah sudah cukup lama beroperasi dan sudah dikenal oleh wisatawan lokal dan asing,  bahkan sangat viral di medsos.

Baca Juga: Jaga Sterilisasi Obat, RSUD Klungkung Bangun Gudang Logistik Farmasi dan Garase

Menurut Sukasta, obyek wisata ini digarap dengan anggaran  APBD KLungkung  tahun  2018 sebesar Rp 1,3 miliar. Biaya sebesar itu  untuk pembuatan tulisan pantai goa lawah  serta pembuatan taman serta penataan parkir ditempat  tersebut.

Lebih jauh Sukasta menambahkan, bahwa obyek wisata rest area Goa Lawah ini menjadi kawasan wisata pantai yang terintegrasi dengan usaha pembuatan garam tradisional disepanjang pantai Belatung membentang dikawasan pantai Pesinggahan,Dawan, Klungkung.

Untuk melengkapi kawasan obyek  wisata rest area ini  juga akan ditambah dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya yang akan segera dibangun tahun 2018 antara lain  toilet  serta tempat penjualan sovenir serta pasilitas  penunjang lainnya.

Dibagian lain perbekel Desa Pesinggahan I Nyoman Suastika  mengaku bersyukur atas obyek wisata baru ini, dimana  obyek wisata  ini akan menjadi salah satu daya tarik Klungkung dan meningkatkan pendapatan asli desa kedepan.

“ Nantinya wisatawan selain menikmati wisata spiritual di Pura Goa Lawah  akan ditambah dengan obyek wisata pantai yang membentang  dari batas Kabupaten Karangasem kebarat hingga Desa Pesinggahan, lengkap dengan obyek pendukung utama yakni rest area pantai goa lawah,” kata Perbekel Nyoman Suastika.

Ditambahkan pula, kedepan diharapkan usaha UMKM di desa ini juga akan kian  maju  seiring dengan ramainya kunjungan  wisatawan yang datang. Menurutnya untuk sementara pengunjung yang datang ke kawasan Goa Lawah masih dikenakan hanya  tiket parkir   dua  ribu rupiah untuk sepeda motor dan lima ribu untuk mobil. (Roni/ Sur)

 

Tinggalkan Komentar...