Pantai Jasri Karangasem Tetap Menjadi Primadona Saat Banyupinaruh

Nampak warga sedang menggelar ritual Banyupinaruh di Pantai Jasri Karangasem
Nampak warga sedang menggelar ritual Banyupinaruh di Pantai Jasri Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Sejumlah Pantai di Bumi Lahar, Minggu (23/10/2022), tetap menjadi pilihan utama bagi warga untuk menggelar ritual pengelukatan saat Hari Banyupinaruh yang jatuh sehari setelah Hari Saraswati.

Saat Banyupinaruh yang datang setiap enam bulan sekali atau Hari Minggu Paing Wuku Shinta, selain mendatangi laut, umat Hindu juga ada yang datang ke sumber mata air tertentu untuk melaksanakan pembersihan diri atau melukat.

Pantai Jasri Karangasem adalah salah satu pantai dikunjungi warga. Sejak pukul 06.00 WITA, ratusan warga dari berbagai wilayah terlihat datang silih berganti untuk melaksanakan pembersihan diri (melukat).

“Memang sudah direncanakan, saat Banyupinaruh, saya bersama keluarga akan datang ke Pantai Jasri untuk melukat, kebetulan juga pas hari libur jadi sekalian jalan-jalan,” kata Komang Putra salah seorang pengunjung di Pantai Jasri.

Selain Pantai Jasri, ada juga beberapa pantai lainnya yang biasanya ramai di kunjungi diantaranya seperti pantai virgin bach, pantai Padangbai dan Pantai Amed.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan