Para Ahli Memperingatkan Pandemi Berikutnya Mengintai di Es Arktik

Perubahan iklim dapat membawa lebih banyak masalah daripada yang dibayangkan

Berita Dunia,Bahaya pandemi baru seperti COVID -19 adalah sesuatu yang akan selalu kita waspadai setelah apa yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Dan sebenarnya sudah ada banyak hipotesis tentang dari mana virus baru mungkin berasal untuk menciptakan kekacauan di dunia.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di National Geographic, pencairan es Arktik adalah kuncinya, karena dapat menimbulkan virus atau bakteri yang telah membeku selama bertahun-tahun.

Faktanya, di Danau Hazen Kanada, jejak kehidupan mikroskopis telah ditemukan yang membeku ke dasar dan muncul kembali setelah pemanasan global.

Molekul RNA dan DNA yang diselamatkan dari dasar telah dipelajari untuk mengetahui jenis virus atau bakteri apa itu.

Baca Juga :  Ratusan Ikan Mas Koki Ditampilkan Saat Kontes Bemas Koki Tahun 2022

Setelah selesai, pohon filogenetik virus dibandingkan dengan kemungkinan inangnya.

“Kami memiliki pemahaman yang sangat kecil tentang jenis ekstrofil-mikroba yang hidup dalam banyak kondisi berbeda untuk waktu yang lama-memiliki potensi untuk muncul kembali,” kata Kimberly Miner dari NASA Jet Propulsion Laboratory.

“Ini adalah mikroba yang telah berevolusi bersama dengan hal-hal seperti sloth raksasa atau mammoth, dan kami tidak tahu apa yang bisa mereka lakukan ketika dilepaskan ke ekosistem kami.

“Penting untuk memahami dampak sekunder dan tersier dari perubahan Bumi skala besar ini seperti pencairan lapisan es.

“Sementara beberapa bahaya yang terkait dengan pencairan material hingga satu juta tahun telah ditangkap, kami masih jauh dari mampu memodelkan dan memprediksi dengan tepat kapan dan di mana mereka akan terjadi. Penelitian ini sangat penting.”

Baca Juga :  Rekonstruksi Pembunuhan Anggota Baharkam Polri di Mapolresta Denpasar

Penambang memimpin tinjauan terhadap ancaman yang sebelumnya tidak terduga ini. Selain virus penyebab pandemi yang potensial, ada kekhawatiran bahwa pencairan lapisan es juga dapat melepaskan hal-hal seperti limbah nuklir ke lingkungan.