Lomba Gebogan
Lomba Gebogan

SEMARAPURA, balipusoanews.com- Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Wakil TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 dan Lomba Kewanitaan dalam rangka Peringatan Puputan Klungkung ke-111 dan HUT Kota Semarapura ke-27 tahun 2019, bertempat di balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, pada Kamis (18/04).

Dalam sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang dibacakan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta menyampaikan kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ini, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni dapat membawa semangat baru dan energy baru kepada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK.

sewa motor matic murah dibali

Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Pada HKG PKK ke-47 tahun 2019 ini mengambil tema “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah”, yang mengandung makna bahwa Tim Penggerak PKK sebagai Mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi, dan mendukung garis kebijakan Program Pemerintah. Melalui tema HKG-PKK tahun 2019 ini, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK, untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, Karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK, guna tetap berjalan selaras dengan program-program pemerintah.

Wakil Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta selaku ketua Panitia dalam laporannya menyatakan bahwa dalam memperingati HKG-PKK tahun 2019, Tim Penggerak PKK Mengadakan kegiatan Lomba Kewanitaan yang dirangkaikan dengan HUT Puputan Klungkung ke-111 dan HUT Semarapura ke-27 tahun 2019. Adapun Lomba Kewanitaan yang diselenggarakan diantaranya, Lomba Membuat Gebogan Untuk Upacara Dewa Yadnya, Gebogan Kreasi, Ngulat 10 Jenis Tipat, Lomba Membuat Banten Prayascita Sakti, Lomba Merangkai bunga meja. Lomba Diikuti oleh peserta dari SMA/SMK Se-Kabupaten Klungkung dan TIm Penggerak PKK desa yang mewakili Kecamatan masing-masing.

“Tujuan diadakan lomba tersebut antara lain untuk menggali potensi remaja dan Tim Penggerak PKK seKabupaten Klungkung” ujar Ny. Sri Kasta.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan dalam memperingati HKG-PKK tahun 2019 tidak hanya bersifat seremonial saja. Sejalan dengan Tema HKG PKK Tahun 2019, Bupati Suwirta mengharapkan agar Pemberdayaan kesejahteraan keluarga harus diselaraskan dengan program Pemerintahan.

Bupati Suwirta meminta Kepada TP PKK Kabupaten Klungkung untuk bisa menjadi penunjang bagi kegiatan Pemerintah, baik itu dimasing-masing OPD maupun di Pemerintahan Desa. Bupati Suwirta menghimbau kepada Semua istri pejabat di lingkungan Pemkab Klungkung atau ASN yang terlibat menjadi pengurus di PKK, agar dapat Serius dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terdapat di PKK Kabupaten Klungkung.

“Dalam menerapkan konsep pemberdayaan ini, perlu dukungan semua pihak terkait”, Ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengatakan bahwa Pemkab Sudah melaksanakan beberapa program Pemberdayaan diantaranya, di bidang kesehatan, Kabupaten Klungkung sudah menjamin kesehatan seluruh masyarakat Klungkung dengan program UHC, Dibidang pendidikan, melalui Program Angkutan Siswa Gratis, Dibidang ketenagakerjaan, Pemkab akan memberangkatkan Anak muda dari KK Miskin untuk bekerja ke kapal pesiar secara gratis, Budidaya tanaman Hidroponik masuk Desa, Enterpreneur masuk Desa dan Pemberdayaan dibidang lainnya.(Roni/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...