Parade Budaya Semarakan Perayaan HUT Kota Amlapura ke-382

Pawai budaya menyemarakan HUT Kota Amlapura ke-382
Pawai budaya menyemarakan HUT Kota Amlapura ke-382

KARANGASEM, balipuspanews.com – Pawai budaya menyemarakan HUT Kota Amlapura ke-382 yang puncaknya berlangsung Rabu (22/6/2022). Start parade budaya dimulai dari Lapangan Candra Bhuana dan finish di Tugu Pahlawan Amlapura.

Sepanjang jalan, para peserta memperlihatkan berbagai atraksi budaya yang mendapat perhatian ribuan warga yang menyemut di jalur yang dilalui.

“Ya, kangen juga, sudah lama rasanya tidak ada perayaan di Karangasem, ini sekalian ajak keluarga nonton,” ujar Komang Ayu salah seorang penonton disalah satu sudut rute pawai budaya.

Sementara itu, pawai budaya yang diikuti oleh 13 peserta dari tingkat SMP se-Kabupaten Karangasem tersebut dibuka langsung oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana di Lapangan Candra Bhuana.

Baca Juga :  Putri Koster Ajak Membentuk Koperasi untuk Menampung Hasil Karya

Satu per satu peserta pawai yang terdiri dari gabungan beberapa SMP tersebut nampak bergantian menampilkan berbagai tarian yang menggambarkan suatu tradisi budaya yang ada di wilayahnya masing-masing.

Seperti misalnya peserta dari SMP di Kecamatan Selat. Mereka menampilkan tarian yang menggambarkan tentang Usaba Dimel, lengkap dengan Sokan hingga tradisi perang sarangnya.

Kadisbudpar Karangasem, I Wayan Astika dalam kesempatan tersebut menyampaikan, setelah dua tahun jeda akibat Pandemi Covid-19, kini perayaan HUT Kota Karangasem ke-382 kembali melaksanakan pawai budaya.

Pawai budaya kali ini berbeda dari sebelumnya, dimana peserta yang dilibatkan berasal dari kalangan pelajar tingkat SMP se-Kabupaten Karangasem. Para peserta pawai ini menampilkan kearifan lokal yang menjadi ciri khas diwilayahnya masing-masing.

Baca Juga :  Balitbang Badung Gelar Lokakarya Pembuatan Kebijakan Berbasis Bukti Secara Daring

“Sekarang kira tampilkan generasinya mudanya dengan harapan, melalui pawai budaya ini generasi muda kita bisa mengetahui kearifan lokal yang dimiliki di wilayahnya masing-masing agar nantinya bisa tetap dilestarikan, ” kata Astika.

Selain itu, hari ini juga menjadi puncak perayaan HUT Kota Amlapura ke-382 yang akan berlangsung hingga 30 Juni 2022 mendatang. Selain pawai, dalam perayaan tahun ini juga dilaksankan pameran UMKM serta berbagai hiburan hingga parade gong kebyar.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan