Pariwisata Bali Dibuka, Masyarakat Diminta Laksanakan Prokes dan 3T

Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, saat melaksanakan bersih-bersih di Pantai Mertasari-Munting Siokan, Sanur, pada Minggu (24/10/2021)

SANUR, balipuspanews.com – Penanganan kasus Covid-19 di wilayah Denpasar saat ini jauh lebih baik dibanding pada bulan-bulan sebelumnya. Dalam menghadapi penanggulangan wabah pandemi pascadibukanya penerbangan International di Bandara International dan pariwisata Bali, masyarakat diharapkan bersama-sama mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dan menerapkan 3T (Tracing, Testing, Treatment).

Hal itu dijelaskan Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, saat melaksanakan bersih-bersih di Pantai Mertasari-Munting Siokan, Sanur, pada Minggu (24/10/2021).

Menurut perwira melati tiga dipundak ini, kebersihan lingkungan merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19. Apalagi saat ini wabah pandemi begitu dashyat melanda pariwisata Bali.

Dimana, hampir 2 tahun lamannya destinasi wisata sangat terpuruk. Merusak sendi-sendi perekonomian dan kegiatan masyarakat di seluruh Bali.

“Hal ini cukup memperihatinkan, namun berkat keyakinan kita dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo kita bisa bangkit kembali dari krisis ini,” tegas Kombes Jansen.

Diungkapkannya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19, yakni salah satunya wajib mematuhi prokes.

“Penerapan prokes merupakan harga mati dalam menekan penyebaran Covid-19. Di tempat ini juga Kapolda Bali telah membentuk Sipandu Beradat dan Satpam Satgas Covid-19, sehingga ini menjadi tugas kita bersama baik TNI/Polri, pemerintah termasuk Desa Adat saling bahu-membahu dalam memberantas Covid-19,” terangnya.

Diakuinya, penanganan Covid-19 di wilayah hukum Polresta Denpasar semakin baik dibandingkan dengan bulan bulan sebelumnya. Dimana terjadi penurunan level, dari Level 3 menjadi Level 2.

Dengan penurunan level ini, pemerintah telah siap menerima wisatawan mancanegara mulai tanggal 14 Oktober 2021, sekaligus dibukanya Penerbangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Kami harapkan hal ini berdampak positif terhadap perekonomian diwilayah Bali,” ujarnya.

Kendati dibukanya penerbangan Internasional dan destinasi pariwisata Bali, Kombes Jansen mengajak seluruh anggota Polri dan komponen masyarakat agar bersama-sama mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan dengan tetap melaksanakan 3 T (Tracing, Testing, Treatment).

“Dalam penerapan 3T ini diharapkan tidak terjadi peningkatan penyebaran Covid-19 yang bisa meningkatkan level penyebaran yang berdampak pada pariwisata dan perekonomian Bali,” sebutnya.

Terkait pelaksanaan kegiatan bersih- bersih di Taman inspirasi Muntig Siokan Sanur, dikatakan Kombes Jansen sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap kebersihan lingkungan di daerah wisata.

Mantan Wadireskrimsus Polda Papua Barat ini mengatakan kegiatan ini sekaligus memperingati Sumpah Pemuda ke 93 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021 mendatang.

Diakhir kesempatan, Kapolresta Jansen menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Polresta yang hadir, para pecalang Sipandu Beradat, Satpam Satgas Covid-19 serta Bendesa Adat Intaran Sanur. Termasuk pengelola taman inspirasi Muntig Siokan dan Desa adat yang telah melancarkan kegiatan ini.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa di contoh oleh desa adat lainnya dalam mengelola wilayahnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan