Kabupaten Gianyar Dalam Festival Pusaka Nusantara
Kabupaten Gianyar Dalam Festival Pusaka Nusantara
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, balipuspanews.com – Kabupaten Gianyar melalui Dinas Kebudayaan mengikuti Rakernas ke VII Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang juga sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan Festival Pusaka Nusantara dalam rangka HUT Kota Amlapura yang ke 379, Sabtu (22/6) di Area Puri Karangasem.

Kepala Dinas Kebudayaan I Ketut Mudana menjelaskan, keikutsertaan Kabupaten Gianyar sebagai anggota JKPI tidak lepas dari terdapatnya pusaka-pusaka yang tersebar di wilayah Kabupaten Gianyar yang sekaligus sudah menyandang Ketua Presidium JKPI pada tahun 2017. Kabupaten Gianyar merupakan pemilik pusaka terbanyak dari Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bali.

“Kami dari Dinas Kebudayaan selalu mengupayakan keikutsertaan Kabupaten Gianyar yang bekerjasama dengan sanggar dan pegawai yang ada di Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar berkolaborasi untuk menampilkan pertunjukan di seluruh kegiatan JKPI,” terang Ketut Mudana.

Kepala Bidang Cagar Budaya dan Permuseuman I Wayan Adi Parbawa menambahkan, JKPI sudah berlangsung dari beberapa tahun yang lalu, Kabupaten Gianyar sudah diakui sebagai Ketua Presidium tahun 2017 tidak hanya di kancah Nasional akan tetapi sampai di kancah Internasional.

Lebih lanjut Yan Adi menuturkan, JKPI yang terselenggara kali ini di kota Amlapura yang juga bertepatan dengan HUT Kota Amlapura, duta Kabupaten Gianyar tetap mempertahankan nama besar sebagai bumi seni untuk menampilkan semaksimal mungkin dan hal ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Gianyar yang tetap mengawal setiap kegiatan yang terkait partisipasi seni dan budaya.

Duta Kabupaten Gianyar di kota Amplapura mengikuti empat kegiatan yang terselenggara yakni pameran pusaka keris, pawai seni budaya, inovasi dan kreatif usaha kecil menengah (UKM), pertunjukan pementasan seni malam.

“Duta Kabupaten Gianyar satu-satunya Kabupaten/Kota yang full mengikuti semua kegiatan yang terselenggara disetiap pergelaran JKPI dan setiap seniman Gianyar akan selalu siap dan konsen untuk menyukseskan semua pergelaran seni dan budaya demi mengharumkan nama Kabupaten Gianyar di kancah nasional maupun internasional,” tegas Yan Adi. (Rls/bpn/tim)