Lokasi Pasar Sidan di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. - Foto: Ketut Catur Kusumaningrat.
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, balipuspanews.com – Pasar Sidan yang terletak di jalan penghubung Kabupaten Gianyar dengan Kabupaten Bangli, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar nampak sepi pembeli, hal ini membuat pasar yang dibangun pada tahun 2017 ini tampak tak bernyawa.

Kendati demikian, pasar yang terletak di jalan Provinsi ini masih menyisakan beberapa pedagang yang masih kuat bertahan ditengah sepinya pembeli.

Salah satu pedagang di Pasar Sidan Wayan Widani mengungkapkan bahwa ia berjualan di pasar ini sejak tiga tahun lalu, tepatnya saat awal Pasar Sidan pada tahun 2017.

Saat itu diungkapkan oleh Widiani bahwa saat awal pembukaan pasar, banyak pembeli yang berdatangan untuk berbelanja di pasar Sidan ini. Namun seiring berjalannya waktu, para pembelipun mulai sepi.

“Awal berdiri Pasar Sidan tiang sudah berjualan disini, pada awal dibuka banyak pembeli yang datang. Namun tiang tidak tau semakin lama pembeli sepi,” kata pedagang asal Desa Sidan Kelod tersebut saat ditemui Balipuspanews.com, Jumat (28/6).

Widiani mengungkapkan bahwa awal dibukanya pasar tersebut, banyak pedagang yang membuka lapak dagangannya.

Namun karena pembeli mulai sepi, pedagangpun banyak yang memilih berhenti berjualan di Pasar Sidan.

“Banyak pedagang yang berjualan dulu, namun karena sepi pembeli mereka memilih berhenti,” ungkapnya.

Dilanjutkan awalnya para pedagang dikenakan biaya kios sebesar Rp.2 juta per tahun oleh pihak Desa Sidan, namun karena sekarang sepi maka pihak Desa memberikan kebijakan terhadap pedagang hanya membaya uang iuran setiap hari sebesar 3 ribu rupiah.

“Awalnya tiang bayar kios 2 juta per tahun, sekarang cuma ditagih 3 ribu saja perhari karena sepi disini,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Sidan I Made Suparna menjelaskan bahwa untuk menyikapi sepinya pembeli di Pasar Sidan, pihak Desa sudah melakukan langkah perbaikan kepada manajeman Badan Usaha Milik Desa (Bumdes, red) dikarenakan sepenuhnya Pasar Sidan dikelola oleh Bumdes Mertha Rahayu Desa Sidan.

“Kami sudah melakukan langkah langkah perbaikan manajemen Bumdes, karena Pasar Sidan ini dikelola oleh Bumdes Mertha Rahayu Desa Sidan,” katanya, Minggu (30/6).

Diungkapkan oleh Kades Sidan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya koordinasi terhadap pihak Kecamatan dan Pemkab Gianyar, bahkan pihak camat dan Pemkab sudah turun tangan guna melakukan tindakan penbinaan terhadap Bumdes Desa Sidan.

“Semenjak tiang ditunjuk sebagai Perbekel Desa Sidan, tiang sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan kabupaten, pihak kecamatan dan kabupaten juga sudah pernah turun tangan untuk melakukan pembinaan terhadap Bumdes kami,” ucapnya.(catur/bpn/tim).