Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKarangasemPasca Erupsi, Abu Turun di Pura Tapsai

Pasca Erupsi, Abu Turun di Pura Tapsai

Karangasem, balipuspanews.com – Pasca Gunung Agung erupsi abu turun di Pura Tapsai, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

“Info hujan abu di Pura Tapsai info Jro Mangku Jumu by phone,” kata Ketua Pasebaya Agung, I Gde Pawana.

Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Dr. Devi Kamil Syahbana ketika dikonfirmasi persis beberapa saat setelah terjadi erupsi mengatakan, pihaknya tidak terlalu terkejut apabila secara tiba tiba terjadi erupsi kembali.

“Kondisi tersebut memang sudah diantisipasi sebelumnya sehingga sampai saat ini status Gunung Agung masih set di Level III siaga,” ujarnya.

Kendati beberapa waktu lalu sempat nihil gempa, namun kondisi itu bisa aktivitasnya turun tapi bisa jadi juga karena ada penyumbatan.

Devi Kamil kembali mengingatkan kepada seluruh warga dilereng Gunung bahwa erupsi tidak selalu terjadi pada saat gempa jumlahnya paling banyak.

September-Oktober 2017 lalu gempa sampai seribuan per hari tapi erupsi justru terjadi pada saat gempa rendah jumlahnya di bulan November 2017.

Jadi ikuti saja rekomendasi PVMBG, karena hanya kita yang mengamati Gunung Agung selama 24 jam.

BACA :  Edan, Gadai Emas Pacar, Uangnya Malah Dibagikan ke Pacar

Sementara itu, pasca erupsi malam ini, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pasebaya, telah dilaporkan oleh relawan terjadi hujan abu dibeberapa wilayah seperti, diwilayah Pempatan Rendang turun hujan abu disertai bau blerang dan di Desa Ban, Kubu, Karangasem turun hujan abu tipis. (Suar/bpn/Art)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular