Pasca Gempa 4.8 SR, BBMKG Catat 4 Kali Gempa Susulan

Gempa Karangasem yang menimbulkan korban material dan nyawa. Pasca gempa 4,8 SR, BBMKG mencatat ada 4 kali gempa susulan
Gempa Karangasem yang menimbulkan korban material dan nyawa. Pasca gempa 4,8 SR, BBMKG mencatat ada 4 kali gempa susulan

KARANGASEM, balipuspanews.com – Balai Besar Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mencatat setidaknya terjadi 4 kali gempa susulan pasca terjadinya Gempa berkekuatan 4.8 SR yang berlokasi 8 kilometer barat laut Karangasem, Sabtu (16/10/2021).

Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar, Dwi Hartanto saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa masih ada potensi untuk terjadi gempa susulan kembali. Hanya saja ia mengatakan biasanya gempa susulan yang terjadi lebih kecil daripada gempa utama.

BACA JUGA: Akibat Gempa Beberapa Kerusakan Terjadi di Desa Tembok

“Masih ada potensi untuk terjadi gempa susulan, sejauh ini sudah terjadi 4 kali gempa susulan. Kami terus lakukan pemantauan, biasanya gempa susulan lebih kecil dari gempa utama,” ujar Dwi Hartanto kepada media ini.

Ditanya kenapa gempa 4.8 SR yang terjadi pagi ini di Karangasem sampai menyebabkan cukup banyak kerusakan bangunan seperti di wilayah Desa Ban, Kubu, Karangasem, menurut Hartanto gempa yang terjadi akibat aktivitas sesar lokal tersebut bisa cukup merusak karena posisinya di darat dan di kedalaman dangkal.

BACA JUGA: Pasca Gempa, Dua Desa di Kintamani Terisolasi Setelah Badan Jalan Tertutup Longsor

Selain itu, letak geografis suatu wilayah juga mempengaruhi tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh getaran gempa, seperti yang terjadi di Karangasem dampak gempa bisa menyebabkan terjadinya longsoran terutama dikawasan perbukitan dengan tanah yang labil.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan