Kamis, Maret 28, 2024
BerandaJembranaPasien Covid-19 Terlama Akhirnya Sembuh

Pasien Covid-19 Terlama Akhirnya Sembuh

NEGARA, balipuspanews.com – Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Jembrana cukup lega. Setelah satu pasien positif covid 19 yang paling lama di Bali dinyatakan sembuh.

Pasien berinisial SL, 48, warga kelurahan Baler Bale Agung Negara yang merupakan pasien covid 19 dari transmisi lokal itu awalnya dirawat di RSU Negara sejak dinyatakan positif pada 4 April lalu.

Namun selama dua bulan lebih dirawat di RSU Negara, perempuan yang berprofesi sebagai guru yang suaminya juga sempat menjadi pasien covid-19 namun sudah lebih dahulu sembuh itu tidak kunjung sembuh. Berkali-kali menjalani swab tes hasilnya berubah-ubah yakni terkadang positif, lalu negatif dan kembali positif.

Sehingga RSU Negara kemudian memutuskan untuk merujuk ke RS PTN Udayana Denpasar pada tanggal 15 Juni 2020 lalu. Pertimbangannya, RSPTN Unud merupakan rumah sakit rujukan covid-19 di Bali.

“Pasien itu total dirawat selama 82 hari akhirnya sembuh,” ujar Direktur RSU Negara dr IGB Oka Parwata, Kamis (25/6).

Pasien ini tercatat sebagai pasien terlama dirawat di Bali, sudah berstatus positif Covid-19 sejak 4 April. Total hingga dinyatakan sembuh paseian itu sudah menjalani test swab sebanyak 24 kali.

BACA :  Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2025 Dimulai

Kesembuhan itu, dari hasil swab ke -23 dan 24 negatif. Sebelumnya pada swab ke 22 yang dilakukan di RSU Negara juga hasilnya negatif.

“Pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah dari hasil swab yang dilakukan, negatif tiga kali berturut-turut. Hasil swab negatif pertama saat test di RSU Negara serta swab negatif kedua dan ketiga dilakukan di RS PTN Udayana. Selama dirawat di RSU Negara, pasien ini kondisinya baik, ditandai dengan tidak ditemukannya gejala klinis serta penyakit pada tubuh pasien,” ungkapnya.

Namun karena hasil swabnya tidak pernah positif berturut-turut, kata Parwata akhirnya dengan pertimbangan agar pasien bisa ditangani langsung oleh dokter konsultan yang lebih ahli serta RSPTN Udayana sebagai satu satunya di Bali yang sudah memiliki obat antivirus khusus yang merupakan bantuan WHO akhirnya dia dirujuk.

“Obat ini namanya Mylan, dan belum ada di rumah sakit lain di Bali,” jelasnya.

Dengan kesembuhan itu, total pasien sembuh covid-19 di Jembrana berjumlah 28 orang dari jumlah kumulatif 31 kasus positif.

BACA :  Perempuan Pengedar Pil Koplo Ditangkap

RSU Negara tinggal merawat 3 pasien positif covid-19, rinciannya satu pasien seorang lansia dari desa Berangbang, Negara, seorang sopir dari desa Tegal Badeng Timur, Negara serta warga PMI asal desa Ekasari, Melaya.

“Kita harapkan pasien ini cepat sembuh dan tidak adalagi penambahan kasus positif baru,” harapnya.

Penulis/Editor : Anom/Artayasa

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular