Pasien Positif Covid-19 Tidak Kehilangan Hak Pilih Dalam Pilkada

Wayan Semara Cipta, ketua KPU Badung. (foto istimewa)
Wayan Semara Cipta, ketua KPU Badung. (foto istimewa)

BADUNG, balipuspanews.com – Pasien terpapar Covid-19 tidak akan kehilangan hak pilihnya dalam Pilkada Badung 9 Desember mendatang. Jika warga tersebut sedang diisolasi di Rumah Sakit, petugas akan mendatangi pasien bersangkutan agar bisa menentukan hak politiknya.

Ketika dikonfirmasi balipuspanews, Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta mengungkapkan, dalam situasi normal pun bagi warga yang sedang sakit baik di Rumah Sakit maupun di rumah, tetap akan didatangi oleh petugas. Hal yang sama juga akan berlaku di tengah pandemi.

“Jadi bilamana ada warga yang diisolasi, nantinya akan didatangi oleh petugas KPPS kerumahnya atau ke tempat isolasi,” katanya, pada Selasa (20/10/2020).

Maka dari itu petugas di tiap-tiap TPS akan disiapkan baju hazmat beserta perlengkapannya seperti hand, handsanitizer, masker, face shield, serta perlengkapan lainnya untuk mengantisipasi jika terdapat warga yang diisolasi.

“Selain itu petugas akan membawa perlengkapan berupa alat coblos yang meliputi surat suara dan tempat kantong suara. Sehingga nantinya dapat direkap di TPS,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Kayun ini juga mengatakan intinya pasien dengan positif Covid-19 tetap dapat menggunakan hak suaranya.

“Jika ada pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit dengan gejala, maka pasien tersebut tetap dapat menggunakan hak suaranya. Dan untuk TPS yang berada di dekat Rumah Sakit, nantinya salah satu petugasnya akan berasal dari petugas yang ada di Rumah Sakit. Memilih merupakan hal-hal yang mendasar, jadi jika ada yang ingin menggunakan hak pilihnya maka akan difasilitasi,” imbuhnya.

Seperti kita ketahui, jumlah pasien positif Covid-19 yang fluktuatif setiap harinya membuat siapa saja tidak bisa memprediksi kapan pandemi ini akan segera berakhir. Disisi lain dikarenakan kegiatan Pilkada harus tetap berjalan, Komisioner Pemilihan Umum (KPU) khususnya di Kabupaten Badung, mensiasati beberapa hal.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan