Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengPASS Kuasai Tiga TPS Istimewa, Sukrawan Menang Telak di Kandang

PASS Kuasai Tiga TPS Istimewa, Sukrawan Menang Telak di Kandang

Singaraja, balipuspanews.com – Empat tempat pemungutan suara TPS menjadi pusat perhatian publik. Lantaran, keempat TPS tersebut seolah menjadi barometer kedigdayaan masing-masing pasangan calon. Hasil sementara pencoblosan di empat TPS dari 1086 TPS yang disiapkan oleh KPU Buleleng pun terungkap, perolehan suara paslon petahana Putu Agus Suradnyana-Sutjidra (PASS) masih tak terkejar oleh rivalnya, yakni paslon Dewa Nyoman Sukrawan-I Gede Dharma Wijaya (SURYA)

Dua pasangan calon yang menjadi petarung dalam Pilkada Buleleng mencoblos di tempat yang berbeda-beda.

Empat TPS tersebut diantaranya TPS 9 Desa Bungkulan yang terletak di Dusun Satria, TPS 3 Kelurahan Kendran yang berloaksi di Jalan Kresna Singaraja, TPS I Kelurahan Paket Agung di Lingkungan Paketan dan TPS IV di Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan.

Sukrawan bersama istri sedang memakai hak suaranya

Sebut saja Dewa Nyoman Sukrawan Calon Bupati Independent nomor urut satu menggunakan hak pilihnya di TPS 9, Desa Bungkulan yang didampingi istrinya. Di TPS ini, Dewa Nyoman Sukrawan berpasangan dengan I Gede Dharma Wijaya berusaha merebut simpati 653 pemilih yang sudah tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Sedangkan wakilnya Gede Dharma Wijaya bersama istrinya Tutik Kusuma Wardhani menyalurkan hak konstitusionalnya di TPS 3 Kelurahan Kendran, Singaraja, dengan jumlah DPT di TPS ini sebanyak 405 pemilih tetap.

Pasangan petahana nomor urut 2, Cabup Putu Agus Suradnyana mencoblos di TPS 1 Kelurahan Banjar Paketan yang memiliki DPT sebanyak 618 pemilih. Agus Suradnyana datang membawa sepeda motor bersama istrinya, Aries Sujati Suradnyana dan seorang anaknya juga membawa kendaraan sepeda motor lainnya. Cabup incumbent ini datang ke TPS sekitar Pukul 08.00 wita bersama keluarganya. Setelah tiba, mereka langsung menyerahkan formulir C6 kepada petugas KPPS, sambil duduk menunggu namanya dipanggil oleh petugas.

BACA :  Fasilitasi Sosialisasi Kuburan Umat Kristiani Pj Bupati Minta Masyarakat Jaga Toleransi

Sementara itu Calon Wakil Bupati Nomor urut 2, dr.Nyoman Sutjidra menggunakan hak pilihnya di TPS 4 yang berlokasi di SD N 4 Bontihing, Banjar Dinas Kanginan, Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan. Nyoman Sutjidra didampingi istrinya Ayu Wardhani Sutjidra dan putri ketiganya Komang Ida Widiayu Radhiari Nugraha datang sekitar pukul 09.00 pagi.

Sutjidra langsung disambut beberapa warga yang kebetulan sedang mengantri untuk mencoblos. Setelah menggunakan hak pilihnya, Nyoman Sutjidra sempat bercengkrama dengan warga, setelah itu langsung memantau beberapa TPS di wilayah Bontihing. Berdasarkan data yang dihimpun Bali Express, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Bontihing sebanyak 4.284 pemilih yang tersebar di sembilan TPS. Sedangkan khusus di TPS empat, jumlah DPT sebanyak 475 orang.

Kedua pasangan calon nampak yakin bisa memenangkan Pilkada di Buleleng. Sukrawan misalnya, ia berharap proses demokrasi di Buleleng bisa berjalan sesuai aturan sehingga mampu menghasilkan kepemimpinan yang berkualitas dan berintegritas.

“Kalau nyoblos sudah sering kita lakukan. Harapan demokrasi ini berjalan dengan baik, Pilkada baik. Dari sisi proses,  penyelenggara, paslon dan masyarakat memilih dengan hati nurani sehingga Buleleng bisa mempunyai pemimpin yang dipercayai oleh masyarakat,” jelas Sukrawan.

BACA :  Lomba Kreasi Inovasi Daerah, Pemkab Buleleng Siapkan Hadiah Puluhan Juta

Sukrawan mengaku tidak menghitung kemenangan sampai berapa persen, dirinya mengaku siap menang dan siap kalah dengan syarat sesuai demokrasi.

“Tetapi jika demokrasi dikebiri, bukan hanya saya tapi masyarakat juga tidak menerima,” jelas Sukrawan.

Sementara itu, Putu Agus Suradnyana juga mengajak masyarakat ikut memilih dan menjaga kedamaian dalam Pilkada Buleleng.

“Harapan saya, mari kita jaga situasi yang sudah kondusif ini, kalaupun ada perbedaan mari kita selesaikan lewat Pilkadi yang berintegrotas dan bermartabat. Mari kita memiliki jiwa sportif, kalau kalah ya sudah biarkan pembangunan berjalan seperti apa adanya, kalau menang jangan bereforia yang berlebihan,” harapnya.

Disisi lain, Putu Agus Suradnyana merupakan Calon Bupati Petahana yang didukung PDI Perjuangan dan Nasdem serta didukung oleh Lima Partai lain mulai dari Hanura, Gerindra, PAN, PKB dan Partai PPP. Agus Suradnyana didampingi oleh Calon Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra. Agus Suradnyana kepada para wartawan pun mengaku optimis bisa meraih kemenangan dalam Pilkada Buleleng tahun 2017.

“Saya terbiasa melakukan sesuatu dengan parameter yang terukur. Saya punya tiga lembaga survey, dengan hasil ketiga tiganya dalam posisi menang. Kalau lihat hasil surveynya sih optimis bisa menang,” ujar Agus optimis.

BACA :  Cosplay Raja Buleleng Meriahkan HUT Kota Singaraja ke-420, Ingatkan Soal Sejarah

Berdasarkan hasil pungut hitung sementara yang dilakukan oleh KPPS khususnya di empat TPS yang menjadi tempat pencoblosan masing-masing paslon diperoleh data yaitu untuk TPS 9 Desa Bungkulan yang merupakan kandang Dewa Sukrawan dari total DPT sebanyak 653 pemilih, Paslon nomor urut satu (Surya) menang telak dengan meraih 524 suara, Paslon nomor urut dua (PASS) hanya memperoleh 11 suara, tidak sah 0 dan golput sebanyak 118.

Di TPS 3 Kelurahan Kendran yang merupakan tempatnya Gede Dharma Wijaya mencoblos, jumlah DPT sebanyak 405, yang hadir menggunakan hak suara sebanyak 205. Paslon 1 (Surya) memperoleh 84 suara dan Paslon nomor urut dua (PASS) meraih 116 suara dengan 5 suara tidak sah.

Sementara itu di TPS 1 Kelurahan Paket Agung, yang tempatnya Agus Suradnyana memilih diperoleh data DPT sebanyak 618 pemilih. Bahkan warga yang datang menggunakan hak pilihnya hanya 387 pemilih. Paslon Surya berhasil mengantongi suara sebanyak 76 suara, dan PASS jauh mengungguli sebanyak 302 suara, dengan 9 suara tidak sah.

Sedangkan wakilnya Nyoman Sutjidra yang mencoblos di TPS 4 Desa Bontihing, dari 475 DPT yang hadir menggunakan hak pilih sebanyak 314 pemilih. Dari data tersebut, tercatat Paslon Surya hanya meraih 21 suara, sedangkan Paslon PASS kembali mengungguli dengan perolehan 292 suara, dengan suara tidak sah sebanyak 1 suara.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular