Pastikan Data Kerusakan Pasca Gempa, Pemkab Karangasem Lakukan Verifikasi Dimasa Transisi Darurat Pemulihan

Plt Kalaksa BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa bersama anak yang desanya terdampak gempa
Plt Kalaksa BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa bersama anak yang desanya terdampak gempa

KARANGASEM, balipuspanews.com – Pemkab Karangasem tetap fokus terhadap warga terdampak gempa Karangasem meski perpanjangan tanggap darurat berakhir 1 November 2021 lalu. Penanganan korban terdampak gempa vulkanik itu akan dilakukan pada masa transisi darurat pemulihan.

Dua desa di Bumi Lahar terdampak gempa yang juga menyebabkan korban jiwa itu adalah Desa Pempatan dan Desa Ban, Karangasem.

PLT Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa saat dikonfirmasi, Rabu (3/11/2021) menyebutkan, dalam masa transisi ini ada beberapa hal yang akan dilakukan, seperti mendistribusikan logistik kebutuhan masyarakat, perbaikan saluran air, melanjutkan pembersihan akses jalan yang sebelumnya tertimbun longsoran, serta melakukan pendataan dan verifikasi terhadap rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat guncangan gempa.

Baca Juga :  Dukungan Kang Emil Makin Kuatkan Pencapresan Airlangga Hartarto

“Salah satu yang akan dilakukan dalam masa transisi darurat pemulihan ini yaitu melaksanakan pendataan dan verifikasi terhadap rumah-rumah warga yang rusak akibat Gempa yang nantinya akan diusulkan ke pusat,” ujar Arimbawa.

Ia melanjutkan, sesuai hasil rapat masa transisi darurat pemulihan ini direncanakan akan berlangsung selama 3 bulan, tergantung nanti seberapa lamanya proses verifikasi berlangsung, mengingat untuk menjangkau rumah-rumah warga khususnya di Desa Ban bagian atas seperti di Dusun Jatituhu cukup sulit dan membutuhkan waktu karena selain letaknya berjauhan juga berada dikawasan perbukitan.

“Tergantung hasil verifikasinya nanti, kalau misalnya cepat selesai, bisa lebih pendek waktu transisi ini, tetapi jika belum selesai bisa juga diperpanjang lagi,” terang Arimbawa.

Baca Juga :  Polantas Polres Badung Sambangi Sekolah Edukasi Tertib Lalu Lintas

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan