Pastikan Warga Dapat Layanan Air 24 Jam, Bupati Suwirta Tinjau Beberapa Lokasi Pamsimas di Klungkung

Bupati Suwirta ketika meninjau lokasi Pamsimas
Bupati Suwirta ketika meninjau lokasi Pamsimas

SEMARAPURA, balipuspanews.com-

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan peninjauan lokasi Pamsimas di beberapa Desa di Kabupaten Klungkung, pada Kamis (19/11/2020).

Kegiatan ini untuk memastikan warga di Bumi Serombotan mendapatkan layanan air 24 jam.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, dan Dirut PDAM Nyoman Renin, serta instansi terkait lainnya.

 

Adapun Pamsimas yang ditinjau adalah Pamsimas yang berada di Desa Paksebali, Akah, Tegak dan Desa Nyalian.
Dalam Peninjuannya ke beberapa lokasi Pamsimas, Bupati Suwirta menemukan beberapa Desa yang mempunyai mata air yang banyak, alangkah baiknya jika mata air ini dapat dimanfaatkan dalam rangka menuju Desa Mandiri Air Minum.

Terkait hal tersebut, Bupati Suwirta menugaskan dinas PUPRPKP Kab Klungkung untuk membantu Desa dalam membuat perencanaan dan tata cara pengelolaan air.

“Dalam Pengelolaan air ini nantinya harus ada sinkronisasi antara Desa Dinas dan Desa Adat,” harap Bupati Suwirta.

“Kedepannya Desa Adat dan Desa Dinas agar segera mengambil keputusan tentang pengelolaan air tersebut, agar jangan sampai berebut, yang mengakibatkan sumber air menjadi terbuang begitu saja,” pinta Bupati asal Ceningan.

Terkait Pamsimas, Bupati Suwirta menyarankan agar pengelolaan dari Pamsimas ini dikelola oleh Bumdes, sehingga Desa Adat dapat fokus mengurus LPD, Parahyangan dan Krama. Apabila pengelolaan itu benar-benar dilakukan oleh BUMDES (Desa Dinas) agar pengelolaan bersifat ter serta mengenai pendapatan yang nanti diperoleh, bisa dibagi merata antara Desa Dinas dan Desa Adat.

“Apabila Desa Adat ingin mengelola Pamsimas, maka perangkat desa adat harus menyiapkan para ahli dibidang pengelolaan air tersebut, dan pengelolaannya dapat dilakukan dengan transparansi begitu juga dengan Desa Dinas,” pesan Bupati Suwirta.

 

Terkait masih adanya masyarakat di Kabupaten Klungkung yang kekurangan air bersih, Bupati Suwirta menugaskan dinas PUPRPKP Kab Klungkung dan PDAM Klungkung untuk menelusuri dan melakukan pengecekan infrastruktur jaringan air.

Penulis/Editor : Roni/Budiarta