Pasukan Goak Iringi Pendaftaran Partai Demokrat

Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Singaraja, balipuspanews.com – Tepat di hari terakhir pendaftaran, Partai Demokrat, sebagai partai terbesar ketiga di Buleleng mendaftar ke KPU sebagai partai politik (Parpol) peserta Pemilu Legislatif 2019.

Nah, pendaftaran Demokrat terbilang cukup unik, lantaran belasan Pasukan Goak serta sekaa tabuh Gong Baleganjur mengiringi pendaftaran partai besutan Bambang Susilo Yudhoyono menuju KPU Buleleng, Senin (16/10) sore.

Sebelumnya, rombongan Partai Demokrat terdiri dari pengurus DPC, DPAC, dan anggota Fraksi di DPRD Buleleng serta anggota DPRD Bali long marc berjalan kaki dari Jalan Dewi Sartika Singaraja menuju kantor KPU Buleleng, di Jalan A Yani Singaraja diiringi Pasukan Goak serta tabuh Gong Baleganjur.

Seperti diketahui, dalam sejarah kepemimpinan Raja Buleleng, Anglurah Ki Gusti Barak Panji Sakti, Pasukan Goak ini merupakan pasukan elit, hingga berkat Pasukan Goak itu, Raja Buleleng Panji Sakti meraih kemenangan saat mengempur kerajaan Blambangan.

Catatan sejarah mencapai kejayaan itupun menjadi panutan Partai Demokrat hingga melibatkan Pasukan Goak saat mendaftar ke KPU Buleleng.

“Pasukan ini kan pernah jaya, dan sekarang menjadi icon Buleleng, dengan permainan Megoak-goakan. Kami ingin menampilkan seni, disamping juga pasukan Goak itu dapat menginspirasi kami dalam meraih apa yang kami targetkan di Pileg nanti,” kata Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Buleleng Nyoman Sarjana.

Kehadiran rombongan pengurus Partai Demokrat diterima oleh Ketua KPU Buleleng Gede Suardana, bersama komisioner KPU.

Sementara itu, Sekretaris DPC Demokrat Buleleng, Ni Luh Hesti Ranitasari menyatakan optimis lolos mengikuti perhelatan politik 5 tahunan yakni Pileg 2019.

Sejauh ini, semua dokumen persyaratan telah terpenuhi, kendati diakui sistem masih ada kekurangan.

“Sangat yakin, kami pasti lolos meski sistem yang ada kekurangan dan kelebihannya, tapi kami rasa tidak ada persoalan. Semua persyaratan sudah kami penuhi dan semuanya harus lengkap,” kata Ni Luh Hesti Ranitasari akrab disapa Rani.

Srikandi Demokrat asal Desa Tamblang juga selaku Ketua Fraksi Demokrat DPRD Buleleng kedepan menargetkan akan menambah 3 kursi, sehingga Demokrat meraih 9 kursi legeslatif di Pileg 2019 mendatang.

Pada Pileg 2014 lalu sambung Rani, Partai Demokrat meraih 6 kursi legeslatif.

“Tak muluk-muluk ya, target kita menambah 3 kursi lagi dari 6 kursi sebelumnya. Fokusnya, Kecamatan Sawan, Busungbiu, Gerokgak, Astungkara, kami yakin itu bisa tercapai,” ungkapnya.

Ketika proses pendaftaran berlangsung, Partai Demokrat hanya memerlukan waktu 20 menit untuk berkasnya diverifikasi, hingga akhirnya dinyatakan sesuai berdasarkan data Sipol pusat oleh KPU Buleleng.

Selanjutnya, KPU Buleleng menerima, dan langsung memberikan tanda terima berkas pendaftaran Partai Demokrat karena telah memenuhi syarat, yakni jumlah daftar nama anggota, salinan KTP-el dan KTA sudah sesuai yaitu sebanyak 1270.

Ketua KPU Buleleng Gede Suardana saat ditemui acara pendaftaran mengatakan, hingga pukul 16.00 wita, sudah ada sembilan parpol yang mendaftar yakni PDIP, Golkar, Demokrat, Gerindra, NasDem, PAN, PKS, Garuda, dan PSI.

Diperkirakan masih ada parpol yang akan mendaftar, karena KPU menyediakan waktu hingga pukul 24.00 wita.

“Jika nanti pada pukul 24.00 wita, masih ada yang belum mendaftar, atau tidak melengkapi persyaratan yang kurang, otomatis parpol yang bersangkutan tidak ikut berproses,” singkatnya.

Tinggalkan Komentar...