Napak tilas yang membawa Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai Kamis (11/11) tiba di Jembrana.
Napak tilas yang membawa Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai Kamis (11/11) tiba di Jembrana.
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- Napak tilas yang membawa Pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai Kamis (11/11) tiba di Jembrana. Kedatangan rombongan diterima dengan apel serah terima dengan Inspektur Bupati Jembrana I Putu Artha disaksikan oleh anggota Forkopimda Jembrana, Pimpinan OPD Jembrana, LVRI dan ormas kepemudaan di Lapangan Pergung pukul 09.30.

Serah terima dilaksanakan dengan penanda tanganan berita acara serah terima oleh Bupati Jembrana I Putu Artha. Pada apel tersebut juga di bacakan juga surat sakti I Gusti Ngurah Rai kepada Overste Termuelen yang menggambarkan kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia umumnya dan masyarakat Bali khususnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga, Ni Nengah Wartini mengatakan tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme, sekaligus mengenang perjuangan dan perjalanan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai.

Nantinya rombongan yang berangkat dari Denpasar seusai melakukan serah terima, kemudian dilepas oleh Bapak Bupati dan menuju ke Desa Air Kuning, dan kemudian rombongan beristirahat di Taman Sangkur di Kota Negara.

Setelah itu rombongan menuju Monumen Perjuangan di Pura Indrakusuma, kemudian melaksanakan penghormatan di monument tersebut. Kemudian rombongan menuju monument Lintas Laut untuk bermalam, disana dilaksanakan pemuteran film perjuangan I Gusti Ngurah Rai dan Renungan malam.

Lalu Senin (11/11) rombongan melanjutkan perjalanan menuju Lapangan Pemuteran untuk diserah terimakan ke kabupaten Buleleng.

” Dalam rangkaian Hari Pahlawan 10 November dan Hari Puputan Margarana 20 November, kita harus menghargai dan mengenang kepahlawanan dari Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Generasi muda Jembrana agar ikut mendoakan dan menghormati para pahlawan yang sudah ikut berjuang dalam memerdekakan bangsa ini dan ikut mensukseskan program program pemerintah, ” ujar Bupati Artha. (nm/bpn/tim)