PD Kirim Empat Atlet PON di Papua

Penyerahan Piala oleh Ny. Putri Suastini Koster (kanan) kepada Atlet Berprestasi Perisai Diri
Penyerahan Piala oleh Ny. Putri Suastini Koster (kanan) kepada Atlet Berprestasi Perisai Diri

DENPASAR, balipuspanews.com – Keluarga besar Perisai Diri (PD) mampu mengirim atlet berbakatnya dalam ajang bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua tahun 2021 sebanyak empat atlet.

Hal tersebut diutarakan Ketua Umum PD, I Ketut Selamet saat perayaan HUT ke-57 PD, Rabu (21/4/2021).

Selamet berharap dengan bertambah usia PD, ke depan agar semakin membawa perkumpulan PD menjadi lebih dewasa lagi. Semoga melalui pendewasaan umur ini bisa membangun padepokan lebih besar dan lebih mengharumkan nama Bali.

Pihaknya optimis akan empat atlet yang dikirim dalam ajang PON Papua mampu meraih prestasi dan membawa nama baik, serta mengharumkan padepokan pada khususnya dan nama Bali pada umumnya.

“Perisai Diri Bali sudah berhasil mengirimkan empat atlet untuk bertarung dalam PON 2021 di Papua. Saya harap adik-adik kita bisa berprestasi dan semakin membesarkan padepokan kita,” harapnya.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut dia juga memuji Ny. Putri Koster sebagi pesilat sejati, karena mampu menguasai teknik silat tertinggi.

Baca Juga :  Kecepatan Tinggi, Pejalan Kaki Tewas Ditabrak Mobil

“Teknik silat tertinggi adalah tekink putri yang membawa kesantunan, gemulai namun penuh kewibawaan saat menghadapi lawan. Dan Bunda Putri sudah mencerminkan teknik tersebut,” tandasnya.

Sebagai Ibu Asuh Perkumpulan Perisai Diri (PD) Provinsi Bali, Ny. Putri Koster tak henti-hentinya mengapresiasi semangat anak muda untuk terus berkarya dan berprestasi.

Karena menurutnya, usia muda hendaknya memang selalu asah kemampuan dan isi dengan kegiatan bermanfaat.

Ny. Putri Koster berpesan kepada seluruh atlet agar jangan menjejali anak dengan pelajaran saja di sekolah, namun perlu asah juga kemampuan anak dengan olah raga.

“Perisai Diri merupakan salah satu olah raga yang tidak hanya mengolah raga, namun juga mengolah rasa dan wirasa. Melalui PD kita juga bisa membentuk karakter pemimpin anak-anak kita,” jelas

Pemegang sabuk merah dalam PD ini juga menekankan perlunya menetapkan target dalam olah raga ini.

Baca Juga :  Pemotor Mengalami Luka Tembak Hingga Kaca Helm Pecah, Pengemudi Kabur

“Kita coba tetapkan target saat mengikuti kompetisi, karena kita sudah mendapatkan dukungan juga dari semua pihak termasuk pemerintah. Dengan meraih prestasi, tentu kita bisa mengharumkan nama daerah juga menunjukkan bahwa Bali mampu mencetak atlet-atlet PD yang berprestasi,” tambahnya.

Tak tanggung-tanggung, sebagai bentuk apresiasi terhadap raihan atlet PD, pendamping orang nomor satu di Bali ini bahkan menambah hadiah uang tunai masing-masing sebesar satu juta rupiah bagi pesilat terbaik putra, pesilat terbaik putri dan pesilat favorit.

“Jangan dilihat nilainya saja, tapi ini sebagai apresiasi dan pemompa semangat ananda semua untuk terus berprestasi ke depan dan harumkan nama Bali di kancah nasional,” gugahnya seraya berjanji akan memberikan sejumlah hadiah sebagai bentuk apresiasi bagi atltet PD yang berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu pada PON 2021 ini di Papua.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan terima kasih atas dipercayanya sebagai Ibu Asuh PD selama ini. Menurutnya, kecintaannya pada olah raga PD adalah buah dari meluangkan waktu selama berpuluh tahun dalam mengasah kemampuan.

Baca Juga :  Hari Terakhir Pendaftaran Parpol Pemilu 2024, KPU Pastikan Tak Ada Masa Perpanjangan

“Sekarang saya dalam tahap mempertebal rasa kasih sehingga siap mengasuh perkumpulan ini, dengan harapan bisa mencetak calon pemimpin dengan kemampuan terasah dan penuh cinta kasih,” ujarnya.

Ia juga mengajak para pengurus PD untuk bekerja secara tulus dan lurus membesarkan padepokan serta mendidik anak-anak anggota PD.

Sebelumnya Ketua Panitia HUT ke-57 PD Ni Wayan Warsi melaporkan jika rangkaian perayaan ulang tahun kali ini mengambil tema ‘Kesulitan Tidak Pernah Lebih Besar Daripada Kemampuan Kita Untuk Memecahkan’.

Dalam perayaan HUT kali ini diselenggarakan kejuaraan PD secara virtual yang diikuti oleh sekitar 238 peserta.

Adapun pemenang kejuaraan kali ini adalah I Putu Dika Putra Pratama sebagai Pesilat Terbaik Putra, Ni Wayan Suasti sebagai Pesilat Terbaik Putri dan Putu Ayu Mas Widyanti sebagai Pesilat Favorit.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan