Jumat, Juni 14, 2024
BerandaKarangasemPDAM Karangasem Tunda Kenaikan Tarif Air Minum

PDAM Karangasem Tunda Kenaikan Tarif Air Minum

KARANGASEM, balipuspanews.com – Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem akhirnya menunda kenaikkan tarif air minum, setelah sebelumnya sempat direncanakan untuk dinaikkan.

Hal ini diakui oleh Direktur Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem, Komang Haryadi Parwatha saat dikonfirmasi, Minggu (16/10/2022).

“Ya benar, sementara ditunda,” ujarnya singkat.

Ditanya alasan penundaan kenaikan tarif air minum tersebut, Parwatha sepertinya enggan mengungkapkan lebih jauh. Ia hanya mengatakan, bahwa alasan penundaan tersebut karena masih ada hal yang perlu untuk dikaji kembali.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, penyesuaian tarif dilakukan menyusul adanya Pergub dan hasil audit dari BPKP yang menyebutkan bahwa Perumda Tirta Tohlangkir tidak full cos recovery (FCR) atau hasil penjualan tidak menutupi biaya produksi.

“Tidak FCR mulai tahun 2020 dan 2021, artinya sudah dua kali tidak FCR, jika sampai 3 kali maka akan dievaluasi. Di samping itu juga didasari Pergub yang dilaksanakan di seluruh Kabupaten, untuk tarif batas bawah Karangasem Rp 3.700 dan tarif batas atas Rp 10.250 rupiah, tetapi kita usulkan penyesuaian Rp3.500,” kata Parwatha saat itu.

BACA :  Mohon Bantuan Lewat Program Badung Angelus Bhuana, Bendesa Adat dan Perbekel Luwus Baturiti Audiensi dengan Ketua DPRD Badung

Adapun faktor penyebab Perumda dalam dua tahun terakhir ini tidak FCR, dikatakan Parwatha salah satunya karena dampak dihapusnya subsidi listrik hingga kenaikan BBM.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular