Penyemprotan di Pura Desa Celuk
Penyemprotan di Pura Desa Celuk

GIANYAR, balipuspanews.com – DPD PDI Perjuangan Bali  bersinergi dengan Pemerintahan Desa melakukan penyemprotan sekaligus bagikan 1 Liter disinfektan pada masing masing Kepala Keluarga di sarang pengrajin perak Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

“Sementara tiyang atau saya baru lakukan di Desa Celuk. Nanti bertahap ke desa lain,” kata Ni Luh Yuniati, Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ketika dimintai keterangannya usai penyemprotan, Minggu (29/3/2020).

Lebih jauh, Yuni yang juga anggota Komisi III DPRD Provinsi Bali mengakui kalau Orang Dalam Oemantauan (OPD) di Kecamatan Sukawati paling tinggi di Kabupaten Gianyar.

“Kecamatan sukawati masuk kategori tertinggi. Jumlah penduduk Sukawati dan kebetulan banyak juga yang kerja di luar negeri dan ada juga yang baru datang dari luar negeri ( mungkin ada urusan bisnis,red) sehingga mereka menjadi ODP,” kata politisi wanita asal Desa Celuk, Sukawati ini.

Khusus untuk Desa Celuk sendiri, sambung Yuni ada 15 warganya disolasi mandiri.

“Ada beberapa warga celuk yg datang dari luar negeri. Waktu mereka berangkat kan belum ada himbauan dan kasus virus corona belum mewabah seperti,” katanya.

Sebagai langkah pencegahan, pihaknya melakukan pembagian disinfektan sekaligus penyemprotan di Desa Celuk yang merupakan sarangnya para pengrajin emas dan perak itu.

“Saya pribadi dan juga atas nama partai kami bersinergi dengan pemerintah desa guna bersama-sama menanggulangi penyebaran virus corona salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum dan juga membagikan disinfektan kepada masing-masing KK se desa Celuk,” katanya.

Saat ini untuk masing-masing Kepala Keluarga mendapatkan disinfektan 1 liter.

Khusus Banjar Celuk terlayani 425 KK,
Banjar Tangsub 66 KK serta Banjar Cemenggaon: 375 KK.

“Khusus untuk penyerahan 1 liter tersebut dilakukan oleh pemerintah Desa, sedangkan untukpenyemprotan di fasilitas umum kita gunakan disinfektan 15 x 15 liter dilakukan oleh PDI Perjuangan,” jelasnya.

Lokasi penyemprotan menurut Yuni menambahkan diantaranyaPura Kahyangan Tiga, Pura Panti, Sekolah SD 1,2 dan 3 TK dan PAUD Kumara Jaya
Pasar Tenten yang ada di Desa Celuk
LPD serta Kantor Koperasi Banjar.

Sambungnya, penyemprotan disinfektan tidak cukup hanya dilakukan 1 kali saja tetapi harus berkala. Untuk selanjutnya warga melakukan secara swadaya untuk di lingkungan rumah masing-masing.

Lebih jauh, Yuni yang juga pengusaha perak ini menyebutkan  untuk menanggulangi wabah virus ini tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah saja baik pemerintah desa sampai ke pusat tapi perlu juga bersinergi dengan masyarakat.

“Contohnyamasyarakat mesti mematuhi himbauan dari pemerintah. Disiplin diri untuk menjaga kesehatan diri,” jelasnya. (art/ctr/BPN/tim)