Jumat, Juni 14, 2024
BerandaKlungkungPecalang Batununggul Gelar Apel Bendera di Tepi Pantai

Pecalang Batununggul Gelar Apel Bendera di Tepi Pantai

SEMARAPURA, balipuspanews.com-
Pecalang Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Kecamatan Nusa Penida menggelar upacara apel bendera di tepi pantai dalam rangka menyambut HUT ke-64 Provinsi Bali dan sekaligus HUT ke-77 RI.

Meski ada sebagain pecalang yang berhalangan dikarenakan kegiatan adat di banjar, kegiatan tetap berjalan dengan maksimal.

Menjelang matahari terbenam pecalang lengkap dengan atribut berbaris dengan rapi menghadap utara bertatap muka dengan pemandangan Gunung Agung.

Bendesa Adat Dalem Setra Batununggul, I Dewa Ketut Anom Astika, saat dikomfirmasi Minggu (14/8/2022) menyampaikan kegiatan upacara apel peringatan Hari Jadi Pemprov dan sekaligus HUT RI merupakan bentuk realitas kebanggaan dan menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan.

Meski begitu, pecalang pertama kali melakukan kegiatan ini tetap hikmat melaksanakan apel.

“Kami menggelar apel di tepi pantai adalah bentuk ungkapan terima kasih kepada pahlawan kita yang sudah berjuang sampai titik penghabisan sampai merdeka, dan kita sebagai penerus dari apa yang sudah diwariskan yang terdahulu mengisi kemerdekaan ini.

Meski disaat situasional seperti sekarang yang tidak menentu rasa kebanggaan berbangsa dan Negara adalah hal yang pokok atau pondasi dalam bernegara,” ujarnya.

BACA :  Ratusan Calon Bintara Polri Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani

Dewa Anom Astika lebih lanjut menyampaikan sebagai masyarakat adat tantangan menapak zaman tidak mudah sekarang, yang penting disini bagaimana minset masyarakat tetap optimisme menghadapi segala kemungkinan terjadi tetap bersemangat dalam bermasyarakat, bertumbuh bersama, gotong-royong bersama demi kelangsungan bersama.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular