Minggu, Mei 19, 2024
BerandaKarangasemPedagang Terdampak Kebakaran Pasar Rakyat Menanga Diusulkan Dapat Bantuan Pasca Bencana

Pedagang Terdampak Kebakaran Pasar Rakyat Menanga Diusulkan Dapat Bantuan Pasca Bencana

KARANGASEM, balipuspansws.com – Belasan pedagang di Pasar Rakyat Menanga, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem yang kiosnya menjadi korban kebakaran awal November 2023 lalu diusulkan mendapatkan bantuan tahun 2024 ini.

Seperti diungkapkan oleh Kepala BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, ada sekitar 18 pedagang yang diusulkan untuk bantuan pasca bencana. Adapun pedagang yang diusulkan adalah mereka yang terdampak musibah kebakaran diantaranya merupakan pedagang yang berjualan di ruko terbakar sebanyak 12 orang sisanya adalah pedagang yang berjualan di emperan, pelataran, dan temporer.

“Mereka diusulkan karena mengalami kerugian akibat kebakaran. Jumlah kerugiannya bervariatif tergantung dari banyaknya barang dagangan yang terbakar banyak,” kata Arimbawa kepada wartawan, Kamis (15/2/2024).

Terkait prosesnya, menurut Arimbawa saat ini proposal belasan pedagang sudah berproses. Rencananya pencairan akan dimasukan pada tahap II sekitar bulan Maret Tahun 2024 mendatang. Saat ini petugas sedang menindaklanjuti usulan proposal tahap I yang sudah memasuki pada tahap penyelesaian administrasi dokumen pencairan bantuan.

Terkait dengan nominal bantuan yang diusulkan, kata Arimbawa, jumlahnya tergantung dari kerugian barang dagangan yang tak terselamatkan dampak musibah kebakaran tersebut. Namun demikian, setelah usulan ini masuk nantinya akan ada petugas dari BPBD Provinsi Bali turun untuk mengecek dan melakukan survei ke lapangan.

BACA :  Dukung Pelayanan Prima, Giri Prasta Serahkan Hibah Mobil kepada Pengadilan Tinggi Denpasar

Sementara diketahui, musibah kebakaran yang menghanguskan ruko dan menimbulkan kerugian terhadap belasan pedagang di Pasar Menanga, terjadi pada Minggu (5/11/2023) lalu. Dalam musibah yang terjadi hampir tengah malam tersebut menghanguskan seluruh barang dagangan yang terdapat pada ruko khususnya ruko yang hangus terbakar disisi barat pasar.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular