DENPASAR TIMUR, balipuspanews.com- Sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya dan lingkungan Bali, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) menggelar Kuliah Umum yang bertemakan “Menjaga dan Melestarikan Budaya Bali di Palemahan Bali” yang dilaksanakan di Aula Rektorat. Sabtu, (12/1).

” Kami mendukung komitmen Gubernur Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dengan membangun Bali secara keseluruhan,” Demikian disampaikan Dr. I Nyoman Arsana, S.Si, M.Si. selaku Ketua Panitia kegiatan .

sewa motor matic murah dibali

Dengan mensinergikan antara Parahyangan, Palemahan, Pawongan, kita mampu menjaga budaya dan palemahan bali agar terus terjaga. hidup di Palemahan, hendaknya harus melestarikan alam Bali sendiri.

Arsana menambahkan, tujuan kuliah umum ini digelar tiada lain memberi sebuah gambaran alam Bali yang sekarang secara konferehensif terhadap mahasiswa maupun akademisi UNHI. Terkait hal yang disenergikan dalam membangun pelestarian budaya dan paleman Bali.

” Kegiatan ini sangat penting dilakukan, dengan menghadirkan nara sumber yang ahli dibidang etnoekologi, mari bersama-sama secara berkesinambungan memberi upaya penggugahan kepada generasi muda untuk selalu menjaga dan melestarikan baik palemahan maupun budaya Bali, serta memberi pemahaman tentang budaya bali dalam upaya pelestarian Thi Hita Karana. Dengan menjaga hubungan baik antara manusia dengan Ida Sanghyang Widhijn, manusia dengan lingkungan maupun manusia dengan manusia,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Drs. I Putu Suarjana., M.Si, selaku sekretaris kegiatan, tujuan kuliah umum Unhi digelar untuk menggali nilai budaya dan palemahan Bali, yang memang harus dijaga dan dilestarikan bersama.

“Melalui kegiatan pola pokok ilmiah agama dan kebudayaan, nantinya mampu melakukan reseach atau penemuan yang bermuara dari agama dan kebudayaan Bali sesuai dengan bidangnya masing -masing.

Kegiatan kuliah umum ini diikuti oleh 150 orang, baik dari kalangan mahasiswa maupun praktisi UNHI Dengan melibatkan seluruh fakultas dilingkungan Unhi, baik fakultas ekonomi, fakultas pendidikan, fakuktas biologi maupun yang lainnya. (bud/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...