Ketua BPD ICA Bali (baju merah) menyerahkan bantuan sembako kepada anggota BPC ICA Gianyar.
Ketua BPD ICA Bali (baju merah) menyerahkan bantuan sembako kepada anggota BPC ICA Gianyar.

SUKAWATI, balipuspanews.com – Hampir 3 bulan Pandemi Corona sudah menyebar di Bali, tentu dampak dari pandemi Covid-19 sudah terasa bagi semua lapisan masyarakat. Dampak ini juga dirasakan oleh para chef yang notabene bergerak di sektor pariwisata di Bali.

Untuk meringankan beban hidup saat Covid-19, BPD ICA Bali bersama Yonif Mekanis 741 menyerahkan bantuan sembako kepada para anggota ICA BPC Gianyar, Sabtu (23/5) di Puri Astriani, Batuan, Sukawati, Gianyar.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Indonesian Chef Association (ICA) Bali, I Gede Putu Hendra Mahena
mengatakan, kegiatan pembagian tri bako ( tiga bahan pokok ) ini sebagai rasa kepedulian pengurus BPD kepada anggota atau member yang ada di masing-masing kabupaten, yang terkena dampak dari Covid-19.

Disebut Hendra, dari 630 anggota ICA di Bali, sekitar 90 persen anggotanya terkena dampak dirumahkan dari perusahaan di tempat mereka bekerja.

Untuk itu ICA Bali ingin meringankan beban anggota dengan memberikan sedikit bantuan. Pun bantuannya kecil, namun sebagai induk organisasi Chef di Bali turut hadir di tengah jeratan Pandemi ini. ICA hadir untuk bergotong-royong meringankan beban anggota.

“Kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang keempat, setelah sebelumnya juga membagikan bantuan terhadap anggota ICA di kabupaten Karangasem, Bangli, Klungkung,” jelasnya.

Selain terhadap anggota ICA, BPD ICA Bali juga peduli terhadap masyarakat umum yang terdampak Covid-19. Dan sebagai organisasi berprofesi sebagai chef, pihaknya juga sering turut membantu dan bekerja sama untuk memasak dalam kegiatan masa pandemi ini.

“Seperti kemarin kita diminta bantuan untuk memasak di dapur umum Yonif Mekani 741, kita siap. Kita gerakkan anggota untuk turut ambil bagian membantu sesuai bidang ilmu kita,” bebernya.

Bersama 20 orang tim dari BPD ICA Bali, pihaknya menyerahkan bantuan kepada 35 anggota yang berada di DPC Gianyar. Adapun bentuk bantuannya berupa beras, mie instan, minyak goreng, susu, dan roti.

Adapun para donatur dari kegiatan bagi tribako ini yaitu ada dari kas ICA Bali, PT. Prambanan, PT. Puri Pangan Utama, PT. Sujas Bali, PT. Sukanda Jaya, serta Yonif Mekanis 741/GN.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada owner Puri Astrini, yang telah mensupport kegiatan kami hari ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, ICA merupakan organisasi yang open untuk para pecinta kuliner, pelaku kuliner dan mereka yang berprofesi di bidang kuliner atau chef.

ICA sendiri tersebar diseluruh Bali, masing-masing kabupaten/kota ada kepengurusan Badan Pengurus Cabang (BPC).

Sementara Komandan Kompi Senapan B Yonif Melanis 741/GN Lettu Inf Teguh Prasetyo, S.T. Han.,M.I.P mengatakan tujuan bersninergi dengan ICA Bali yaitu untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Kami berharap, semoga bantuan ini bermanfaat untuk meringankan beban masyarakat, Kami dari TNI hadir di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya singkat.

Hal senada juga disampaikan Agung Putra, dirinya berterima kasih kepada BPD ICA Bali yang hadir memberikan bantuan sembago terhadap anggotanya di tengah pandemi corona ini.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Bantuan ini merupukan sebagai bentuk kepedulian BPD Bali terhadap BPC Gianyar,” jelas chef yang dirumahkan sejak 2 bulan lalu.

PENULIS : Nengah Budiartha

EDITOR : Oka Suryawan