Senin, Juni 24, 2024
BerandaBadungPeduli Kelestarian Lingkungan, Pertalife Insurance berikan Pelatihan Eco Enzyme di Bali

Peduli Kelestarian Lingkungan, Pertalife Insurance berikan Pelatihan Eco Enzyme di Bali

BADUNG, balipuspanews.com
Perkembangan pariwisata yang sangat pesat di Bali tentu meningkatkan manfaat ekonomi bagi masyarakat, namun juga menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, salah satunya adalah meningkatnya produksi limbah sampah yang bila tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan polusi dan kerusakan lingkungan.

Untuk itu, Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) hadir memberikan pelatihan mengolah sampah dapur dan organik menjadi Eco Enzyme yang telah berlangsung sejak 21 Maret 2024 sampai dengan hari ini.

Kegiatan pelatihan dan penyuluhan diadakan di Banjar Sawangan, Banjar Bualu, Banjar Permata, Sekolah Al-Azhar Tuban, Sekolah Prima Udayana Siligita, dan terakhir di Banjar Seminyak, Jumat (17/5/2024).

Eco Enzyme sendiri merupakan hasil dari fermentasi sampah dapur, seperti ampas buah dan sayur, atau sampah organik lainnya. Eco Enzyme juga menjadi solusi inovatif karena potensinya dalam membersihkan lingkungan, dan mengurangi limbah.

Melalui pelatihan tersebut kelompok PKK diberikan pemahaman bagaimana mengolah sampah organik menjadi Eco Enzyme dan menjadi barang-barang yang mempunyai nilai jual seperti sabun, pupuk tanaman, dan pengusir hama yang bisa menjadi komoditas produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bisa memajukan taraf ekonomi masyarakat.

BACA :  Usung Tajuk Chinaning Wetu, Drama Gong Duta Badung Selipkan Sampaikan Pesan Moral

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi mengemukakan, program itu bentuk kepedulian Perusahaan terhadap kelestarian lingkungan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kelestarian lingkungan sangat penting, khususnya bagi Bali yang sangat bergantung dari sektor kepariwisataan, turis-turis mancanegara yang datang akan merasa nyaman saat tempat yang mereka kunjungi bersih dan bebas dari pencemaran lingkungan.

“PertaLife Insurance sebagai bagian dari Pertamina Group memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan. Melalui pelatihan, penyuluhan, dan pemberdayaan wanita dengan membuat Eco Enzyme dari limbah organik, diharapkan masyarakat terutama ibu-ibu memiliki penghasilan tambahan dari hasil Eco Enzyme tersebut,” jelas Hanindio.

Hanindio menambahkan, pelatihan ini adalah langkah penting bagi Perusahaan dan masyarakat bersama-sama dalam menggalang dukungan untuk mempercepat adopsi Eco Enzyme sebagai bagian dari solusi masalah lingkungan, dan diharapkan semakin dapat berkontribusi secara nyata dalam menjaga lingkungan sekaligus meningkat perekonomian.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Sekretariat Daerah Kabupaten Badung, Anak Agung Putri Mas Agung menyampaikan apresiasinya atas apa yang telah di inisiasi oleh PertaLife Insurance.

BACA :  Baleganjur Bala Goak Panji Berhasil Menarik Perhatian di PKB 2024 Dengan Garapan "Taruna Goak"

“Acara ini diharapkan akan menjadi katalisator untuk gerakan global yang lebih besar menuju praktik yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan memperluas pemahaman dan pengetahuan tentang Eco Enzyme, pelatihan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan dunia yang lebih hijau untuk generasi mendatang, semoga kegiatan ini juga diikuti oleh korporasi lainnya” harap Putri Mas memungkasi.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular